Melirik Ruangbelajar untuk Membantu Anak Sekolah dari Rumah

1 Reply

Parenting Pribadi sponsored

Salah satu hal yang masih harus banyak diperbaiki dari aku sebagai ibu adalah bikin anak belajar dengan sendirinya. Alhamdulillah sih ini Naia, anak pertama aku suka bebikinan, jadi dia suka bikin komik, bikin kerajinan tangan, dan hal kreativitas lainnya.

Nah, tapi di semester lalu, aku yang kesulitan untuk mengimbangi dengan pelajaran di sekolahnya. Entah terlalu capek atau memang sudah lelah ya dengan pandemi ini, jadi ada beberapa tugas yang terbengkalai. Sulitnya lebih ke segi waktu untuk nemenin anak belajar.

Alhamdulillah sih Naia tetap naik kelas. Tapi kan gak bisa gitu terus yaa, gak bisa nih aku kecapean terus dan tugas anak jadi terbengkalai gitu.

Akhirnya aku jadi kepikiran sendiri, kok kayanya emang butuh bantuan ya ini ya. Apalagi sekarang udah mau mulai tahun ajaran baru juga. Mulai menimbang nimbang dan punya beberapa pilihan untuk bantuan dalam hal belajar ini, salah satunya mulai ngelirik Ruangbelajar by Ruangguru juga.

Ruangbelajar by Ruangguru

Baru dari semalem juga sih ngeliat-liat ada fasilitas apa yang disediakan oleh ruangbelajar yang bisa membantu anak, terlebih membantu orangtua dalam memberi sarana dan prasarana yang baik dalam membantu anak memahami pelajaran di sekolahnya.

Baca-baca kok kayanya seru ya belajar di ruangbelajar ini. Seru karena anak jadi bisa belajar dengan kecepatan mereka masing-masing, ya jadi kayak pembelajaran yang customized juga ke tiap anak. Karena memang kemampuan anak untuk memahami pelajaran memang beda-beda kaan, ada yang memang segitu cepet memahami, ada juga yang harus mengulang-ulang pelajaran.

So far aku tertarik dengan Ruangbelajar karena beberapa hal ini.

1. Topik dan Misi spesifik yang harus diselesaikan.

Ini belajar rasa main game sih, karena ada “Misi khusus” di setiap topik pelajaran gitu. Terus anak gak bisa lanjut belajar ke pelajaran berikutnya kalau misi ini belum diselesaikan.

Wah, ini sih merangsang hormon dopamine amat ya, bikin anak ngerasa udah achieve something gitu. Ngerasa udah “Naik level” setiap kali menyelesaikan misi dan beranjak ke pelajaran berikutnya.

2. Terdapat video animasi Dafa Lulu.

Ini lagi, menyimak pelajaran kayak anak nonton film biasa aja di rumah, film anak-anak yang mereka sukai. Tapi memang sih ya, segala bentuk video, apalagi animasi tuh memang bikin anak tertarik, makanya kenapa gak dimanfaatkan untuk ngasih anak-anak pelajaran aja lewat media itu ya kan.

Contoh Video Animasi Dafa Lulu

Ini aku rasa bisa berhasil bikin anak betah sih untuk menonton pelajaran tapi rasanya nonton hiburan. Menurut aku juga bisa mempermudah anak dalam memahami pelajarannya, soalnya tokohnya ya tokoh seusia mereka (kira-kiraa), jadi kerasa lebih dekat di anak.

3. Rangkuman Pelajaran Berupa Infografis yang Bisa Didownload

Rangkuman pelajaran apa yang semenarik ini sih, haha. Aku yang jadi tertarik sendiri ngeliat rangkuman pelajaran kok dikemas dalam tampilan yang ciamik gini.

Gambar dari https://www.ruangguru.com/blog/belajar-jadi-mudah-dengan-ruangbelajar-untuk-sd

Ada juga fitur “Rapor” sih berupa catatan lengkap misi yang sudah diselesaikan anak dan sudah sejauh mana anak memahami pelajaran. Tapi, ini kan di sekolah juga ada, walaupun memang bentuknya lebih menarik sih ya, hehe.

Harga Berlangganan

Dengan banyak fasilitas menarik gitu, ternyata harganya bukan yang mahal banget gitu lho, ya insyaAllah masih terjangkau lah.

Ada beberapa pilihan paket sih, ada yang per bulan, per 2 bulan, per semester, sampai ada yang paket 1,5 tahun (waw paket lengkap spesial pakai telur kayanya ini ya sis).

Mendingan yang paket 1,5 tahun sekalian ya kalo gitu, karena dirasa jadi lebih murah harga segitu untuk jangka waktu belajar yang lebih lama. Kalau mau coba dulu sih ya gapapa lah ngambil paket yang sebulan dulu, hitung-hitung belum “investasi” terlalu banyak sebelum akhirnya berkomitmen untuk yang jangka panjang 😀

Nah, apakah aku akan memakai bantuan dari Ruangbelajar untuk tahun ajaran baru ini? Bisa aja Ruangguru pilihan terbaik bagi orang tua yang peduli dengan pendidikan anak. Jadi, mari kita endapkan lagi (tapi gak bisa lama-lama hey, karena tahun ajaran baru akan segera dimulai, ahaha).

1 comment

  1. Pingback: Pelajaran yang Menantang untuk Anak dan Solusi Berupa English Academy – Momopururu

Leave a Reply

%d bloggers like this: