Kelas Coding for Kids di Educourse

1 Reply

Keluarga Kid's Activity Pribadi Review

Jadi nih selama liburan sekolah kemarin daripada gak tau mau ngapain sama anak-anak, terutama anak yang pertama nih biar gak bosen itu itu aja terus yang dikerjain di rumah, aku iseng memasukkan dia ke kursus coding. Hitung-hitung mengasah kemampuan berpikirnya serta meningkatkan kreativitasnya ya kan. Terutama sih mengisi waktu liburan yang di rumah aja.

Sekarang sudah hampir 2 bulan nih Naia belajar coding di Educourse. Dari pertama tau ada kelas coding gini, aku udah mengira Naia bakal suka, karena dia selalu tertarik untuk membuat sesuatu, apalagi sesuatunya itu juga bikin penasaran. Apalagi dia pernah bikin gambar yang menunjukkan sedikit konsep pemrograman gitu, gambar semacam konsep rekursif gitu lah.

Dia gak cuma sekali bikin gambar begini, beberapa kali gambar dengan konsep rekursif ini, walaupun yang digambar beda-beda ya temanya, tapi tetep konsep rekursifnya dapet, hehe. Makanya mantap mengikutkan dia ke program coding for kids Educourse ini karena aku liat dia udah lumayan kepikiran konsep pemrograman yang satu ini ya kan.

Program Belajar Educourse

Review Educourse Coding Class

Terus tadinya mengira, namanya belajar coding diajarin dari “Hello word!” kayak dulu aku belajar ngoding. Juga khawatir anaknya nanti kesulitan karena ribet kan bahasa pemrograman gitu. Mesti baca dan memasukkan banyak baris serta istilah pemrograman, mana kalau salah tanda aja bisa langsung error programnya.

Ternyataa enggak, ahaha. Sekarang langsung diajarin untuk bikin game sederhana yang makin lama makin meningkat tingkat kesulitan game-nya. Ya tingkat kesulitan saat bikinnya, ya tingkat kesulitan di game yang dibikinnya.

Jadi setiap minggunya anak akan belajar membuat game yang berbeda selama 1 jam pelajaran dan hasilnya bisa langsung dimainkan di akhir kelas. Setiap minggu akan ada game baru deh yang dihasilkan oleh si anak ini. Eh, pernah sih bersambung jadi 2x pertemuan. Karena kan tingkat kompleksitas bikin game nya juga makin meningkat kan, jadi saat game nya memang agak sulit, ya dipecah deh jadi 2 pertemuan.

Pusing banget gak sih anak-anak udah diajak bikin game yang kompleks gitu? Taunya enggak loh, soalnya pakai aplikasi (servis gitu sih) web yang memang menyediakan berbagai sumber daya untuk belajar pemrograman dengan lebih simpel dan menarik, namanya Scracth. Tinggal drag & drop aja perintah yang mau dijalankan.

Jadi, anak sejak awal diajarkan memasukkan berbagai objek dan variabel sendiri ke game yang ingin mereka bikin. Daiajarkannya itu beneran dipandu, bukan sekedar kayak tutorial di YouTube. Soalnya ternyata Scratch ini memang udah banyak tutorialnya gitu, tapi dengan ikutan kursus, anak jadi bisa tanya jawab langsung kalau bingung. Jadi, kalau ada yang gak sesuai, mereka bisa langsung perbaiki dengan dibimbing oleh orang yang tepat.

Pengajar yang Sabar dan Profesional

Anw, kursus coding di Educourse ini so far menyenangkan banget. Anaknya senang dan gak malu untuk bertanya. Soalnya missnya, miss Iza itu beneran sabar banget ngajarin semua murid di kelas Naia. Naia aja dipandu banget sampai beneran bisa dan objeknya lancar. Jadi, per bagian juga bisa dipandu untuk memastikan anaknya bisa mengikuti arahan.

Naia belajar Coding di Educourse

Bukan cuma Naia ya ini ya, semua murid beneran dibimbing banget banget sama missnya yang memang sesabar itu. Sabarnya karena meladeni semua pertanyaan dengan baik dan beneran memandu pelan-pelan kalau ada yang ketinggalan.

Jadi nih ya, misalnya alur kelas sudah sampai mengatur objek yang kedua tapi ternyata ada yang ketinggalan bagaimana harus mengatur objek yang pertama, ya missnya dengan sabar ngejelasin lagi ke anak tersebut sampaaii objek yang pertama ini bener-bener bisa dan lancar sesuai dengan yang diharapkan.

Selain anak itu akhirnya jadi bisa, yang lain kan juga jadi mengulang lagi dan jadi bisa mencoba lebih banyak gitu. Saya selalu merhatiin ini dan beneran Naia jadi gak segan untuk bertanya ke missnya. Karena ya, sebelum anaknya nanya juga missnya yang memastikan kalau tidak ada yang tertinggal.

Sebelum anak nanya, missnya yang nanya duluan dan menyebut SATU PER SATU nama anaknya donk untuk memastikan anak itu beneran bisa mengikuti pelajaran.

Suasana Kelas Coding for Kids Educourse

Nah, bisa sesabar itu dan beneran ngebimbing satu per satu gitu karena emang jumlah murid per kelasnya dibatasi, hanya sekitar 10-15 orang saja. Alasannya ya itu, supaya kelasnya kondusif dan missnya bisa bener-bener memperhatikan setiap muridnya. Kebayang donk gimana repotnya kalau 1 kelas ada 70an murid? Jangan 70, 20an aja udah repot dan butuh waktu lebih banyak.

Hal ini jadi salah satu yang saya sukai dan perhatikan sih. Karena dalam hal apapun yang paling penting kan bikin anak nyaman dan gak malu menyampaikan pendapat serta bikin anak percaya diri kan ya. Nah, dengan membatasi muridnya begini secara gak langsung bikin muridnya percaya kalau mereka bisa bertanya apapun ke missnya dan bikin makin percaya diri kalau mereka bisa berhasil membuat suatu program atau game.

Oiya, ini contoh game-game yang sudah dibuat sama Naia.

Terlihat kompleks yaa, ahaha. Tapi seruu kan keliatannya juga? hehe.

Manfaat Belajar Coding Sejak Dini

Belajar coding gini, apalagi sejak dini, emang banyak manfaatnya sih. Selain memberi soft skill ke anak, anak juga jadi belajar berkreasi, belajar MEMBUAT bukan hanya MENIKMATI suatu game. Jadi, anak tau sulitnya membuat game yang bagus itu gimana.

Karena anak terbiasa berkreasi, tentu ini bikin anak jadi kreatif donk. Juga nantinya bisa mengembangkan kemampuan berpikir dan berlogika mereka. Dengan bikin game, mereka terbiasa mengatur bagaimana supaya gamenya menarik, mudah dimainkan namun tetap punya kesulitan tersendiri untuk yang memainkannya. Anak beneran jadi terbiasa berpikir panjang dan runut.

Anw, Educourse bukan hanya menyediakan kursus coding saja ya untuk anak-anak, tapi juga menyediakan banyak banget kursus pengembangan kemampuan lainnya pada anak. Ada kursus bahasa inggris, ada kursus bahasa korea, dan nantinya juga banyak kursus kemampuan lainnya. Bisa dicek sendiri ya di https://educourse.i-gen.co.id/.

Menarik ya kalau sejak kecil sudah kita kenalkan berbagai aktivitas gini. Yang paling penting sih bikin anak jadi mengembangkan banyak kemampuannya. Oiya, kelas coding ini bisa diikuti mulai anak yang berusia 5 tahun ya. Jadi, tenang aja, anak 5 tahun insyaAllah sudah bisa mengikuti kelasnya. 🙂

1 comment

  1. ainun

    Menarik. Dulu waktu SD di depan komputer masih main game, malah yg buatin game nya si om.
    Seandainya sudah ada kursus coding begini, bisa bikin program sendiri kayaknya aku

Leave a Reply

%d bloggers like this: