Hal-hal yang Perlu Disiapkan Saat Road Trip Bersama Anak

Comment

Family Life Family Traveler Keluarga Traveling
Road Trip Bersama Anak

Alhamdulillah ya, minggu lalu baru pulang dari road trip ke Bali. Road Trip ini total menghabiskan waktu sekitar 13 hari (sudah termasuk 4 hari perjalanan, 2 hari pergi dan 2 hari pulang).

Seneng banget sih bisa road trip lagi setelah pandemi melanda. Walaupun sekarang juga belum yang nyantai nyantai banget ya kalau jalan-jalan gini. Tetap harus mematuhi prokes, termasuk harus tes antigen untuk semua (eh, kecuali yang umur 2 tahun sih).

Nah, buat yang mau liburan (eh, apa sekarang mah udah pada liburan ya?), terutama road trip bareng anak, apa aja yang harus disiapkan?
Berdasarkan pengalaman aku sih, beberapa hal ini yang harus disiapkan untuk bisa road trip bersama anak.

Road Trip Bersama Anak
Road Trip Bersama Anak

Pakaian yang Cukup

Gapapa sih misalnya bawa pakaian cuma sedikit, tapi kita juga mesti yakin kalau di tempat yang kita datangi nanti kita bisa mencuci baju, jadi gak kekurangan pakaian. Waktu road trip kemarin itu, kita berganti tempat 3x. Nah, karena gak mau ribet nurunin naikin banyak koper, jadilah aku sediain masing2 koper di 3 tempat itu. Eh, ganti 4 kali kayanya sih, tapi tetap sedianya 3 koper, karena emang udah mikirin mau nyuci di mana. Jadi di tempat yang selanjutnya ya tinggal angkut koper dengan pakaian yang udah dicuci deh.Packing pakaian ini cukup tricky juga karena mikirin mau nyuci kapan dan di mana serta berapa kalinya, huehue.

Kebutuhan Anak

Mainan, buku mewarnai, crayon atau pensil warna, buku untuk bisa dibaca kapanpun. Nah, karena udah 2 anak yang di atas 5 tahun dan mereka udah bisa baca, jadi kami minta mereka bawa dan persiapkan sendiri deh tuh kebutuhannya mereka, bawaannya paling banyak buku bacaan sih karena bisa dibaca saat di mobil juga.

Adiknya yang paling kecil gak kita persiapkan peralatan mewarnainya. Jadi kalau adiknya yang kecil mau mewarnai ya minjem punya kakaknya deh, hehehe. Eh tapi yang kecil juga dibawain tas isinya mobil mainan sih sama kakaknya, biar samaan aja gitu bawa tas juga :’D

Cemilan yang Banyak

Makanan dan cemilan yang banyak sepanjang perjalanan sih ini perlu banget ya. Menghindari anak cranky. Karena kalau di jalan itu, mereka ya pasti capek kan. Penyelamat pertama ya cemilan sih, haha.

Fisik

Fisik orangtua tentu juga ya. Di dalam mobil dan jalan berjam jam itu emang bikin capek juga lho. Makanya kalau bawa anak perlu dipertimbangkan juga waktu untuk berhenti dan istirahatnya.

Misal waktu perjalanan di map diperkirakan 9 jam. Nah, itu bisa nambah 2 sampai 3 jam kalau road trip bareng anak gini. Karena bisa bisa setiap 2 atau 3 jam sekali memang butuh berhenti dan anak-anak butuh keluar dari mobil. Entah itu ke toilet atau makan, atau ya sekedar istirahat aja. Bahkan suami (supir utama) juga butuh istirahat lah yaa. Jadi, persiapkan diri aja kalau kalau perjalanan bisa memakan waktu lebih lama dari yang diperkirakan 🙂

Kendorkan Peraturan Mengenai Gadget

Di rumah mungkin bisa se strict itu karena bisa punya hiburan lain atau anak-anak bisa bermain permainan fisik. Nah, kalau lagi road trip gitu, kendorkan sedikit gak masalah sih. Sambil jelaskan juga kalau hal itu hanya sesekali aja selama kita road trip, bukan yang untuk jadi kebiasaan setiap hari. Anak-anak kami sih kemarin tetap dapet jatah nonton hariannya, waktunya aja yang jadi lebih panjang sedikit, hehe. Apalagi saat nyampe penginapan atau hotel sih. Anak-anak biasanya bisa nonton TV lebih lama, hee.

Cari Penginapan yang Sesuai

Cari penginapan yang bisa menyenangkan atau memenuhi kebutuhan anak. Bukan ramah anak ya, tapi bisa menyenangkan anak, huehehe. Karena belum tentu kita bisa dapet penginapan atau hotel yang kids friendly setiap waktu kan ya soalnya. Jadi ya solusinya coba cari aja penginapan itu punya sesuatu apa yang bisa menghibur anak-anak.

Minimal ada TVnya. Eh, tapi kemarin ada 1 tempat yang gak ada TVnya sih, tapi tergantikan dengan akses kolam renang. Jadi, anak-anak bisa nyemplung kapanpun mereka mau. Nah itu jadi hiburan juga buat mereka deh, hihihi.

Yang begini ini yang harus diriset terlebih dahulu sebelum berangkat road trip. Yaa walaupun bisa juga sih sepanjang perjalanan mau memutuskan mau menginap di mananya, impulsif aja juga bisa gitu 😀

Be Flexible

Fleksibel aja lah ya. Walaupun kita udah merencanakan segala sesuatunya, tapi namanya road trip atau jalan-jalan yang bikin semua happy, ya kadang ada hal yang tidak terduga terjadi kan. Nah, fleksibel aja deh, dinikmati aja sambil dicari solusinya. Jangan sampai hal yang tidak terduga ini menghilangkan semua kesenangan yang udah kita rasakan ya kan, hehe.

Kalau buat kami, kemarin sebenernya berencana nyuci 1x aja, tapi ternyata jadi 2x karena ya ternyata memang butuhnya 2x haha, gak cukup cuma 1x nyuci ternyata yaa :D.

Perbanyak Sabar dan Santaikan Pikiran

Pikirkan aja kalau kita kan niat road trip untuk menciptakan memori indah dan menyenangkan bersama anak kan, jadi yah banyak-banyakin sabar aja. Saat terjadi masalah, fokuskan pada solusi dan kesampingkan rasa kesal, hehehe. Apalagi saat anak capek dan kita juga super capek. Wah, pelajaran kesabarannya bener harus dipraktekkan saat itu. Belajar untuk tetap bisa santai dan berpikir tenang saat kondisi kita bukan dalam kondisi paling fit.

Yah, sebenernya road trip atau perjalanan jauh dan panjang begitu (apalagi bawa anak-anak) jadi kayak semacam contoh kecil kehidupan sih ya. Begitulah hidup gitu, kadang ada hal-hal yang terjadi di luar dugaan, kadang jalanan gak semulus yang kita bayangkan. Jadi yah yang perlu kita persiapkan lebih banyak sebenernya lebih ke mental dan pikiran kita sih. Fokuskan pada pikiran positif dan latih diri untuk bisa tetap tenang saat keadaan tidak kondusif.

Anw, lama-lama punya campervan kayanya asik ya, ahaha. Aamiin-in aja deh dulu 😄

Leave a Reply

%d bloggers like this: