Review Hotel

4 Apartemen Jakarta Yang Asik Untuk Staycation Keluarga

Sebenernya udah tahun lalu kami staycation ini. Yaa di masa pandemi tahun lalu lah gitu. Karena kami cukup takut untuk keluar rumah dan bertemu banyak orang, akhirnya staycation yang sekitar Jakarta saja dan cari yang tempatnya lumayan luas serta bisa mengakomodir kebutuhan anak-anak yaa.

Anw, anak-anak sih cukup dikasih fasilitas playground, kolam renang, sama bath tub juga udah happy, ahaha. Eh tapi kolam renang dan bath tub gak ada berbarengan juga gapapa sih, biasanya salah satunya saja. Kalau sudah ada kolam renang, kamar gak apa-apa gak ada bath tubnya. Pun sebaliknya, kalau sudah ada bath tub, gak usah pakai renang di kolam renang, anak-anak udah cukup seneng berendam di bath tub yang disediakan, ihihi.

Okeh, aku mulai aja deh ya list hotel/apartemen yang aku maksud 🙂

1. Somerset Berlian

Pertama kalinya kami sekeluarga berani untuk staycation saat pandemi kemarin tuh di sini. Somerset Berlian ini ada di daerah Permata Hijau, Kebayoran Lama. Eh, bukan deng, ini yang kedua kali, yang pertama malah di Bogor XD

Somerset Berlian

Tempat ini waktu itu jadi pertimbangan karena protokol kesehatannya cukup ketat. Di awal sebelum check in saja ada form yang harus diisi oleh semua anggota keluarga, untuk memastikan kami semua tidak ada yang habis bepergian keluar kota serta memastikan kami semua sehat.

Terlebih lagi, mereka juga ketat dalam penggunaan masker. Saat ada tamu yang terlihat tidak memakai masker, langsung deh ditegur dan ditunggui sampai dia pakai masker dengan benar.

Satu lagi, breakfastnya langsung diantar ke kamar, jadi meminimalisir para tamu untuk berkerumun di restoran yaa.

Untuk kamarnya sendiri, namanya juga apartemen ya, jadi ada dapur dan peralatan masaknya. Kami juga sudah aware ini, makanya bawa perbekalan yang cukup banyak, supaya bisa masak sendiri di sana, ihihi.

Oiya, ruangannya tuh lumayan lega namun agak aneh desainnya menurut aku. Soalnya begitu masuk langsung dapur (ini sih biasa ya), tapi ke dalam menuju ruang TV dan kamarnya itu cukup panjang dan melewati meja makan yang cukup besar. Jadi, tidak memungkinkan untuk memasak sambil mendengar atau menonton TV.

Ruangannya sendiri memiliki 2 kamar tidur yang saling berhadapan dan dipisahkan oleh ruang keluarga. Selain itu terdapat mesin cuci di ruang cuci yang terletak di pintu yang ada pada ruang makan.

Jadi, begitu membuka pintu, kita akan melewati dapur di sebelah kanan, ruang makan yang cukup luas, yang juga di sebelah kanan, kamar mandi luar, baru ruang TV yang kanan kirinya kamar. Salah satu kamar lebih besar karena merupakan kamar utama yang memiliki kamar mandi sendiri.

Oiya, ternyata kolam renangnya bisa dipakai namun harus booking terlebih dahulu. Jadi, tersedia beberapa pilihan jam, nantinya kolam akan tersedia untuk yang membooking tepat pada jam segitu. Asik sih, serasa kolam milik sendiri jadinya, ihihi.

Kolam Renang Somerset Berlian
Kolam Renang Somerset Berlian

Room rate: start Rp. 685.000,-
Alamat: Jl. Permata Berlian No.V, RT.14/RW.2, Grogol Utara, Kec. Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12210

2. Swis-Belhotel Pondok Indah

Sama-sama memiliki 2 kamar tidur dan 1 dapur, hanya saja Swisbell Residence memiliki luas ruangan yang lebih kecil dibanding Somerset Berlian. Eh, bahkan bukan dapur deng, hanya pantry dan tempat mencuci piring namun tidak ada kompor tersedia.

Kalau di sini, lebih ke memanfaatkan luas yang disediakan, jadi gak terlalu luas tapi cukup untuk kami sekeluarga. Ya karena ada 2 kamar tidur itu sih ya. Jadi, suami gak hanya tidur di sofa. Maklum ya bu, anak udah 3, jadi gak muat kalau hanya 1 tempat tidur, ihihi.

Anw, waktu kami menginap, sama ya sarapannya juga diantar untuk meminimalisir kerumunan. Entah deh kalau sekarang, mungkin sudah sarapan seperti biasa lagi yaa 🙂

Room rate: start Rp. 490.000,-
Alamat: Jl. Metro Pondok Indah, Pd. Pinang, Kec. Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12310

3. Somerset Grand Citra

Somerset Grand Citra ini kami pilih yang 3 kamar karena menginap dengan keluarga besar suami. Tempatnya juga lega, ada dapur sendiri serta meja makan besar dan kompor serta beberapa perlengkapan masak.

Namun gak ada magic jar ya, jadi ya kita bisa memasak yang memang biasa dihangatkan atau digoreng saja, tidak bisa memasak nasi. Anw, kami waktu itu tetap memasak nasi sih, pakai panci yang tersedia sepertinya 😀

Somerset Grand Citra
Somerset Grand Citra

Oh iya, desainnya agak berbeda dengan Somerset yang sebelumnya. Walaupun namanya sama-sama Somerset sih ya, tapi yang ini tidak terlalu terlihat luas saat baru memasuki ruangannya. Namun, saat melewati 2 kamar tidur, baru terlihat ruang keluarga dan ruang makan yang menyatu dan menjadikan ruangan terlihat cukup luas.

Buat keluarga besar suami sih Alhamdulillah cukup. Total waktu itu ada 8 orang dewasa, 4 anak kecil, dan 1 bayi. Sebetulnya sih bisa berenang di kolam renang yang disediakan ya, tapi kami tidak berenang karena posisi kolam renangnya terlalu di depan, jadi agak agak kurang privasi aja sih, hehe.

Karena gak berenang, ya akhirnya anak-anak main di bathtub kamar mandi aja deh. Seperti yang aku bilang di awal, anak-anak mah yang penting ada salah satunya, kalau bukan kolam renang ya bathtub, atau sebaliknya juga udah hepi banget, ihihi.

Nah, yang terlambat kami sadari adalah adanya playground yang cukup luas. Berhubung hanya menginap 1 malam, apalagi ramai-ramai dengan anggota keluarga besar lainnya, jadilah kami menikmati kebersamaan di kamar saja.

Baru setelah checkout dan sambil menunggu yang lain sholat, anak-anak bermain di playground yang ada. Kebayang kan yaa susah diajak pulangnya, ahaha.

Somerset Grand Citra
Playground Somerset Grand Citra

Room rate: Start Rp. 970.000,-
Alamat: Ciputra World Jakarta, Jl. Prof. DR. Satrio No.1, RT.5/RW.2, Kuningan, East Kuningan, South Jakarta City, Jakarta 12940

4. Aryaduta Semanggi

Aryaduta Semanggi
Aryaduta Semanggi

Di Aryaduta Semanggi ini kami mendapat ruangan yang memiliki 3 kamar lagi. Padahaal, kami memesan yang 2 kamar, namun karena satu dan lain hal, akhirnya ruangan kami diupgrade deh menjadi 3 kamar.

Agak over kill sih buat keluarga kami saja. Karena kebutuhan kami sebetulnya kan memang setidaknya hanya ada 1 kasur tambahan ya supaya suami gak tidur di lantai, lha ini malah ada 2 kamar dengan 2 kasur tambahan, ahaha. Jadilah nganggur deh itu 1 kamarnya.

Nah, di sini juga mirip dengan Somerset Berlian, ada ruangan cuci tersendiri di bagian dapur. Oiya, desainnya itu luas di depan lalu menyempit karena lorong dengan 3 kamar di sisi satunya.

Aryaduta Semanggi
Ruangan Aryaduta Semanggi

Jadi, saat membuka pintu, kita akan disambut dengan ruang open space lega yang menyatukan 3 fungsi, yaitu dapur, ruang makan, juga ruang keluarga. Sehingga saat masak, kita tetap bisa bercengkerama dengan anggota keluarga lainnya. Atau, sambil makan kita bisa menonton TV karena TV di ruang keluarga masih dalam jangkauan pandang.

Saat menginap di Aryaduta ini, karena berlokasi di Semanggi, akhirnya kami iseng untuk ke bundaran HI dengan menaiki MRT. Yaa jalan tipis-tipis lah gitu ya, untuk menikmati waktu libur bersama keluarga. Karena memang dekat dengan stasiun MRT sehingga bisa kami jangkau dengan berjalan kaki saja 🙂

Oiya, untuk rate, kami waktu itu termasuk beruntung sih Alhamdulillah. Pasalnya aku booking saat ada promo imlek di Traveloka, jadi kami mendapatkan harga sekitar Rp. 785.000 untuk ruangan 3 kamar tersebut.

Room rate: Start Rp. 1.300.000,-
Alamat: 5, RT.5/RW.4, Karet Semanggi, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12930

Keempat apartemen yang aku list ini menyediakan playground semua lho ya. Hanya saja berbeda kebijakan dalam bermain. Ada yang bebas saja masuk playground, ada yang pakai daftar lalu masuk di jam kita mendaftar.

Kalau untuk Somerset Grand Citra sepertinya bebas bebas saja karena playgroundnya outdoor yaa. Eh tapi Aryaduta Semanggi walaupun outdoor, tetap pakai mendaftar sih. Lagi-lagi asik karena playground jadi serasa milik sendiri, ihihi.

Jadi, dari keempat tempat ini, mana nih yang mau kalian datangi bersama keluarga?

istianasutanti

Ilman Akbar's wife & 3N's mother. (Naia, Nawa, Nara)

I am a full time mother and part time blogger. Love to do traveling with ny family and share it on this blog. Hope you guys enjoying my content and love it if you being inspired with my experience and share your experience with me.

Always want to learn something and be a better person everyday.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.