9 Jenis Tempat Wisata Untuk Mengisi Liburan Sekolah

Comment

Family Life Keluarga Kid's Activity Pribadi Traveling
Trekking di Sentul ke Curug Hejo

Wah, liburan sekolah udah seminggu lebih padahal yaa, hehe. Hari gini udah pada selesai liburan atau masih lanjut nih? Atau udah sibuk nyiap-nyiapin kebutuhan sekolah?

Berhubung masih ada 1 minggu nih waktu liburannya, aku malah masih mau merencanakan liburan, yaa bukan yang liburan jauh-jauh gitu, sekitar kota aja yang bisa ditempuh dan dijalani dalam waktu sehari aja. Semacam ragunan lah gitu contohnya.

Kalaupun gak sehari, kayak camping atau staycation gitu, ya gak lebih dari 2 atau 3 hari mah masih bisa lah yaa 😀

Tapi, kan jenis tempat wisata tuh banyak yaa, ada yang bentuknya kebun binatang kayak ragunan, ada yang playground, dan ada banyak lagi macam liburan ya, tinggal kita aja yang memutuskan nih, mau ke mana kira-kira yang akan disukai oleh anak.

Tegalalang Ricefield

Maka dari itu deh, aku bikin postingan ini untuk memberi inspirasi 9 jenis tempat wisata yang bisa kita kunjungi bareng anak-anak untuk membahagiakan mereka di musim liburan ini. Iya, sekalian nama tempatnya juga aku spill kok (terutama yang sekitar Jakarta sih yaa tempatnya). Cuss baca sampai selesai yaa 😉

1. Taman Bermain (Playground)

Taman bermain ini juga ada lagi jenis-jenisnya, kalau aku, membagi taman bermain ini jadi 3 jenis:

Playground Indoor

Sesuai namanya ya, indoor alias di dalam ruangan. Playground tipe ini yang biasa ada di mall mall itu. Tempat biasa playdate diadakan nih.

Rencananya sih playdate supaya anak bebas main, emak bebas ngobrol, tapi realitanya emak malah sibuk ngejar-ngejar anak main, wakaka. Etapi tetep ngerasa refresh juga sih buat buibu yang butuh ngobrol ke sesama ibu-ibu ya gak? 😀

Anw, pilihan tempat Playground indoor ini ada banyak ya. Yang lumayan ada di mana-mana tuh kayak Kidzoona. Kidzoona ini setidaknya aku liat ada di beberapa mall di Jakarta, seperti Aeon mall JGC, Artha Gading Jakarta Utara, Pesona Square Depok, dan di beberapa mall lainnya (sebenernya lupa mall apa lagi xp).

Hide n Seek Bali
Hide n Seek Bali

Lalu ada lagi Jiggle Jungle yang ada di Pesona Square. Playground ini puas sih, dari balita sampai yang dewasa bisa main di sini.

Yang lainnya lagi ada Beebee Land di Dmall, Fanpekka di Aeon JGC, Hide n Seek di Bali, juga ada Kidzania di Pacific Place.

Kalau Kidzania sih agak lebih bertema sih ya, tapi menurut aku gak masuk ke theme park juga, karena dia lebih ke role playing. Dan di dalamnya juga banyak kegiatan yang bisa diikuti anak-anak, seperti membuat nugget, membuat wafer, membuat indomie, dan lain sebagainya. Anak-anak juga bisa mendapat pengalaman mengenai beberapa profesi tertentu, mulai dari pemadam kebakaran, polisi, dokter, wartawan, dan beragam profesi lainnya.

Jadi Wartawan di Kidzania
Jadi Jurnalis di Kidzania

Baca juga 12+ Tempat Liburan Anak Yang Seru Di Jakarta.

Playground Outdoor

Berlawanan dengan yang sebelumnya, tentu ini ada di outdoor alias luar ruangan. Yang aku maksud dengan playground outdoor ini tempat yang menyediakan beberapa permainan anak seperti ayunan, perosotan, dan semacamnya namun ada di luar ruangan.

Scientia Square Park
Scientia Square Park

Nah, yang termasuk dalam kategori ini menurut aku (dan yang aku tau) adalah Playground (memang namanya playground) di Kemang, Playparq di Kemang juga, dan Scientia Square Park di Gading Serpong.

Wall Climbing di Scintia Square Park
Wall Climbing di Scintia Square Park

Kalau ada yang mau nambahin silakan tulis di kolom komentar yaa 🙂

Theme Park

Nah kalau theme park ini sih di Jakarta ada yang paling terkenal lah ya, siapa coba yang belum tau Dufan a.k.a Dunia Fantasi di Ancol? Yap, Theme park ini taman bermain bertema dengan banyak wahana permainan yang seru-seru dan menantang. Aku juga pernah menulis review Dufan ini di Liburan Seru Naia di Dunia Fantasi Ancol dan Wahana Seru untuk Anak dan Balita di Dunia Kartun.

Istana Boneka Dufan
Istana Boneka Dufan

Theme park lainnya yang aku tau ada Jungle land di Bogor. Di luar negeri kami juga pernah ke Universal Studios Singapore. USS ini pernah aku ulas sedikit di Itinerary Singapura Bersama Bayi dan Balita.

Universal Studio Singapore
Universal Studio Singapore

Sebetulnya ada 1 jenis tempat bermain juga, tapi bentuknya lebih ke arcade gitu. Yap, semacam Timezone, Amazone, Transmart, dan game arcade lainnya. Aku bingung ini masuk ke dalam kategori apa, jadi aku masukkan di sini aja deh yaa, hihihi. Seru ke tempat permainan arcade ini karena kita bisa merasakan keseruan bermain sama anak. Tapi jaga-jaga ya pak, takutnya jiwa gak mau kalah kita hidup lagi nih kalau main di Timezone, wkwkwk.

2. Kebun Binatang

Kebun binatang gak pernah gagal deh buat anak-anak mah. Termasuk tempat wisata favorit anak-anak banget. Apalagi semacam Taman Safari Indonesia di Cisarua, karena bisa berinteraksi langsung dengan binatangnya dari mobil, anak-anak jadi makin senang karena kapan lagi bisa sedekat itu sama binatang yakan.

Taman Safari Indonesia
Taman Safari Indonesia

Selain Taman Safari, ada beberapa kebun binatang lainnya yang bukan hanya ada di Jakarta. Ada Ragunan di Pasar Minggu, Faunaland di Ancol, Bali Bird Park dan Bali Zoo di Bali, Kebun Binatang Bandung, Jatim Park 1 dan 2, Batu Secret Zoo, serta Eco Green Park di Malang.

Baca juga: Liburan ke Bali Bersama Anak, Sudah Coba 5 Aktivitas Seru Ini Belum?

3. Akuarium

Sama-sama berhubungan dengan binatang, hanya saja ini mah yang ada di laut yaa, hehehe.

Akuarium yang terkenal ya tentu Sea World Ancol donk ya. Ada lagi di Jakarta Aquarium di Jakarta Barat. Kami juga pernah ke S.E.A Aquarium yang ada di Singapura. Kata Naia, S.E.A ini sensasinya seperti ke Jakarta Aquarium, ihihi.

S.E.A Aquarium
S.E.A Aquarium

4. Waterpark

Ini jugaa deh bakal jadi favorit anak-anak. Secara mereka memang seneng main air yakan.

Nah, yang aku tau, waterpark ini ada di Snow Bay TMII, Atlantis Ancol, Waterpark Ade Irma di Cirebon, Ocean Park di BSD, The Jungle di Bogor, juga Waterboom Bali. Hanya beberapanya yang pernah kami datangi sih, hehe.

Tapi berhubung pandemi selama 2 tahun menyebabkan semua waterpark jadi ditutup, aku jadi gak tau mana yang masih beroperasi hari ini. Kalau baca-baca sih, Snow Bay sudah mulai dibuka lagi ya.

Kalau di Singapur, kami pernah ke waterpark yang gratis (minus perosotan tinggi-tinggi sih jelas), itu ada di dalam kawasan olahraga. Ada yang berbayarnya juga sih, tapi yang gratis saja sudah sangat memuaskan 😀

Waterpark Singapura
Waterpark Singapura – Splash n Surf

5. Farmfield

Farmfield semacam wisata edukasi ya buat anak-anak. Sebetulnya ini untuk mengasah kecerdasan naturalis pada anak-anak ya, karena di sini anak-anak bisa memberi makan sapi, kambing, atau hewan ternak lainnya. Anak juga bisa menanam padi, menangkap ikan, juga terkadang bisa memerah susu sapi.

Jenis wisata berkategori farmfield ini yang aku tau ada di De Ranch (ada di Bandung dan Cisarua), D’kandang Amazing Farm di Depok, juga Kuntum Farmfield di Bogor.

Apakah daerah lain juga ada wisata seperti ini? Boleh tulis yaa di kolom komentar 🙂

6. Camping/Glamping

Yuhuu, padahal aku baru ngerasain 2x glamping, hahaha. Ini glamping ya, bukan yang camping pakai tenda dan masak pakai api unggun gitu, wkwkwk.

Aku pernah glamping di Rancabali Bandung dan Herman Lantang di Puncak.

Keduanya sudah menyediakan semua peralatannya lah ya, berhubung namanya memang glamping, glamorous camping. Tapi yang lebih “glamor” itu Rancabali sih, karena tempatnya/tendanya tuh beneran kayak kamar hotel. Tempatnya luas, ada balkonnya, plus ada kamar mandinya di dalam segala, pokoknya nyaman banget sih emang. Mana pemandangannya buagus banget MasyaAllah. Harganya aja yang menurut aku agak overpriced 😀

Balkon Glamping Rancabali
Balkon Glamping Rancabali

Ada lagi sih camping ground di Sukabumi, tepatnya di Tanakita dan Pondok Halimun. Di Bandung juga ada lagi namanya Rancaupas. Kami juga pernah ke Rancaupas tapi bukan untuk camping, melainkan untuk ke area Rusanya. Seru banget buat anak-anak karena bisa masuk ke kandang Rusa sambil ngasih makan mereka. Tempatnya lega banget juga 😀

7. Hiking

Selain camping, kita juga bisa mengajak anak-anak untuk hiking aja. Hiking ini bisa menuju air terjun, bisa ke puncak gunung (bukan yang tinggi tinggi tentunya ya).

Kami sendiri pernah mengajak anak untuk hiking atau trekking ini ke Punthuk Setumbu, air terjun Gitgit yang ada di Bali, ke air terjun Cibeureum, juga ikutan hiking bocah di bukit Katulampa, mengajak anak ke Bromo, lalu juga pernah hiking ke gunung Batur di Bali, dan yang terakhir kami ikut trekking bersama provider trekking di Sentul.

Kalian bisa hubungi @hikingbocah atau @jakartatrekkingsentul di instagram kalau mau mencoba trekking bareng anak-anak di liburan sekolah ini yaa.

Baca juga: Anak-anak & Balita Hiking? Kenapa Enggak?

8. Museum dan Candi

Kalau yang ini untuk menyeimbangkan wisata fisik ya, hehe. Selain berkegiatan fisik, anak-anak juga terkadang kami ajak mengunjungi museum atau candi untuk lebih mengenal budaya, terutama budaya Indonesia 🙂

Di Jakarta banyak ya museum-museum yang bisa kita kunjungi, sebagian besar ada di dalam TMII, di daerah lainnya ada museum Nasional, museum Bank Indonesia, juga yang terbaru ada museum macan. Kami juga pernah ke museum kereta api di Ambarawa.

Wisata ke museum Ambarawa itu termasuk dalam rangkaian wisata Candi di Jawa Tengah sekitar 3 tahun yang lalu. Nah, wisata Candi ini kami mengunjungi 3 candi, Candi Borobudur, Candi Prambanan, juga Cnadi Gedongsongo. Di Candi Gedongsongo sih sebetulnya agak-agak hiking juga ya, karena medannya menanjak untuk bisa mencapai candi yang paling atas.

Baca juga: Road Trip Jawa Tengah – Wisata Candi

9. Staycation

Kalau ini sebetulnya yang suka emaknya ya, ehehe. Mayan beda suasana kan daripada di rumah terus 😀

Staycation ini namanya aja “stay” jadi liburan yang leyeh-leyeh aja gitu di hotel, bisa di dalam kota, maupun di luar kota. Pilihan hotel kami sekarang itu lebih ke apartemen atau yang luas kamarnya besar sih. Maklum ya anaknya udah 3, kalau gak luas gak muat, terutama tempat tidurnya, hehehe.

Merusaka Nusa Dua Bali

Anw, kalian bisa liat pilihan hotel kami di postingan 4 Apartemen Jakarta Yang Asik Untuk Staycation Keluarga. Kalau pilihan luar kota, aku suka banget ke Le Eminence, Cipanas puncak. Di Le Eminence pas banget untuk liburan karena dengan gak ke mana-mana lagi anak udah bisa melakukan beragam aktivitas. Selain itu, ada juga Pesona Alam di Cisarua, juga Camp Hulu Cai di Ciawi. Bisa juga staycation di Sari Ater sambil menikmati pemandian air hangat Ciater.

Banyak yaa yang bisa kita lakukan di liburan sekolah, apalagi di liburan kenaikan kelas 🙂

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: