10 Barang Wajib Saat Mengajak Anak Dan Balita Road Trip

Comment

Family Life Family Traveler Traveling
Stroller Selalu dibawa Saat Roadtrip

Kalau sebelumnya aku infoin berapa lama dan berapa budget untuk road trip ke Bali bareng anak-anak, sekarang aku mau ngomongin barang-barang apa yang menurut aku cukup “wajib” dibawa saat ngajak anak road trip.

Biasalah ya, road trip dengan anak mah tentu beda persiapannya dan eksekusinya dibanding road trip sendiri atau berdua pasangan. Lebih banyak yang dipikirkan dan lebih banyak yang dibawa tentu saja. Tapi bersama anak itu memang lebih seru! 😀

Nah, berdasarkan pengalaman kemarin sih, berikut ini barang-barang yang wajib atau harus dibawa saat road trip bersama anak-anak.

Mampir Di Rest Area dalam Road Trip Bali
Mampir Di Rest Area dalam Road Trip Bali

1. Satu Stel Baju Tambahan Terpisah

Saat liburan atau road trip, tentu donk kita sudah menyiapkan bajunya. Kayaknya ini yang paling pertama kita siapkan gak sih? Karena ya kalau sudah lebih dari 2 atau 3 hari, ya paling penting ya baju yang kita pakai lah ya.

Ini jadi paling pertama yang emak siapkan, baju yang cukup untuk semuanya. Mulai dari baju tidur, baju bepergian, sampai handuk juga kita siapkan deh di koper.

Baju Traveling

Nah, selain baju yang disiapkan di koper, biasanya aku menyiapkan 1 tas kecil yang isinya 1 set baju tambahan supaya lebih mudah diambil kalau sewaktu-waktu dibutuhkan. Yaa jadinya bukan tas yang kecil kecil banget juga sih, secara anaknya udah 3 ya, mau gak mau ukuran tas menyesuaikan, huehehe.

Tas Baju Cadangan
Tas Baju Cadangan

Baju tambahan ini bisa terpakai kalau anak misalnya muntah di jalan (jangan sampai ya) atau anak yang kecil belepotan saat makan camilan di dalam mobil. Bahkan kami memang selalu menyiapkan 1 tas ini di mobil kapanpun sih, jadi saat road trip ya tinggal mengambil dari yang disiapkan saja kalau memang dibutuhkan.

2. P3K

Ini barang yang betul penting sih. Walaupun kita memang gak mau terjadi apa-apa saat anak kita ajak road trip, tapi mempersiapkan jauh lebih baik kan?

Biasanya isi P3K atau kotak kesehatan versi aku itu adalah obat panas, obat maag, plester (yang paling wajib sih ya), obat luka (betadine), juga minyak gosok (biasanya minyak kayu putih).

Yang paling sering terpakai biasanya plester. Karena namanya juga anak-anak, main di mana saja terkadang ya tersandung atau jatuh lalu kaki bahkan tangan jadi lecet. Ya plester to the rescue deh.

Pernah punya pengalaman obatnya terpakai? Pernah bangeeet. Aku lupa sih, waktu road trip atau liburan ke manaa gitu ya, Nawa atau Naia sempet demam (oh iya, perlu bawa termometer juga deng yang kecil saja untuk memantau suhu anak) jadilah betul obat demamnya diminum.

3. Buku dan Mainan

Tau donk ini gunanya buat apa? Yap, supaya anak-anak gak bosan di dalam kendaraan. Plus supaya gak bosan saat di kamar hotel juga sih. Terkadang di kamar hotel kan gak ada kegiatan lain ya buat mereka selain menonton. Nah, tapi kalau waktu menontonnya sudah cukup lama, mereka ngapain lagi donk? Makanya deh bawa buku dan mainan yang memang mereka sedang sukai.

Biasanya ini disiapkan oleh anaknya sendiri, bagi anak yang sudah 5 tahun ke atas. Seumur Nara yang masih 3 tahun sih tetap orangtua yang menyiapkan. Namun terkadang anaknya yang mau ikut-ikutan kakaknya untuk menyiapkan buku dan mainannya sendiri. Aku sih membiarkan dulu, baru nanti seleksi lagi saat mau berangkat. Kadang-kadang mereka bawanya terlalu banyak soalnya, jadinya terlalu berat untuk bisa dibawa sendiri, huhu.

4. Perlengkapan Renang

Merusaka Nusa Dua Bali

Membawa perlengkapan renang mungkin tergantung tempat tujuan sih ya. Tapi gak ada salanya sih kalau kita bawa saja. Soalnya kadang terpakai bukan untuk di kolam renang, tapi di kamar hotel, ahahah.

Soalnya main air itu memang favorit anak-anak kan, jadi kalau gak nemu kolam renang atau bukan main ke pantai, biasanya booking hotel (1 atau 2 malam) yang menyediakan bathtub untuk memenuhi kebutuhan main airnya anak-anak itu 🙂

Beberapa kali pengalaman, perlengkapan renang yang kami punya makin lengkap. Awalnya cuma bawa baju renangnya saja (plus rompi renang sih saat anak masih lebih kecil), terus nambah bawa ban lengan, berikutnya nambah bawa kacamata renang untuk semuanya. Jadi sekarang perlengkapan renang ini bisa membutuhkan 1 tas sendiri atau menghabiskan tempat yang lumayan di koper 😀

5. Perlengkapan Makan

Terutama celemek sih buat anak yang masih balita. Kebetulan anak ketiga aku kan masi balita, jadi ini masih sangat diperlukan. Yaa walaupun tetap menyiapkan baju untuk ganti baju yang kotor kalau terkena makanan, aku tetap bawa celemek/slaber, terutama yang bagian bawahnya bisa digunakan untuk menampung makanan yang terjatuh.

Lumayan banget. Eh, bukan lumayan lagi sih, celemek kayak gini sungguh sangat mengurangi kerepotan kita nantinya. Ya mengurangi kerepotan untuk membersihkan mobil, kerepotan mengganti baju anak, atau kerepotan membersihkan baju yang terlanjur kotor karena makanan.

Yang lainnya adalah tempat makan plastik, gelas (biasanya botol minum deng), bahkan sendok plastik. Sebetulnya agak jarang juga sih aku bawa tempat makan plastik dan sendok plastik ini. Karena biasanya kami membeli makanan aja dan dapet alat makannya kan, hehe.

Tapi memang gak ada salahnya kok untuk membawa ini juga, siapa tau saat makan di suatu tempat lalu makanannya sisa, kan bisa kita bungkus dengan tempat makan yang kita bawa yakan 😀

6. Stroller

Nih ya, buat yang mau lahiran dan suka bepergian, stroller ini salah satu barang yang worth to buy banget! Soalnya kita jadi gak terlalu capek untuk menggendong anak di tempat wisata atau tempat lain. Anak bisa duduk juga dan santai meliat pemandangan sekitar.

Selain itu, sangat bermanfaat untuk tempat anak tidur kalau lagi jalan-jalan. Jadi, kita gak kebingungan harus ke mana atau harus bagaimana saat anak mengantuk. Tinggal kita letakkan saja di stroller lalu kita bisa melanjutkan jalan-jalannya.

Stroller Selalu dibawa Saat Roadtrip

Memang tidak semua tempat itu stroller friendly ya. Tapi biasanya kalau mau road trip, kita memang sudah menyeleksi tempat yang akan kita kunjungi. Nah, kalau bisa, cari tempat-tempat yang memang bisa menggunakan stroller supaya ya itu tetap bisa memenuhi kebutuhan anak akan tidur tanpa membuat kita terlalu menghabiskan tenaga 🙂

Untuk yang sering travelling, biasanya juga akan memilih stroller yang compact, ringan, dan tidak terlalu menghabiskan tempat di bagasi ya. Kami juga mempertimbangkan itu untuk memilih stroller, makanya pilih kiddoppotamus (merk China dan mirip babyzen Yoyo). Enak banget untuk dibawa karena gak terlalu berat dan buka serta melipat kembalinya mudah.

Stroller yang terkenal compact dan cocok untuk travelling ada Cocolatte Pockit. Stroller itu bisa dilipat sampai kecil dan mudah juga membuka dan melipatnya, sehingga masih jadi favorit keluarga yang suka travelling.

Baca juga: Hunting Stroller untuk Nawa

7. Gendongan

Nah, kalau kita pengeen banget ke suatu tempat tapi ternyata gak stroller friendly, ya gendongan lah jawabannya, ahaha. Sebenernya ya gendongan mah bukan hanya untuk travelling aja ya diperlukannya. Sehari-hari juga kita butuh gendongan ini.

Tapii, kalau memang sesering itu travelling membawa balita, gak ada salahnya untuk membeli gendongan yang agak pricy tapi kualitasnya tidak diragukan. Bisa juga menyewa gendongan setiap kali mau travelling sih. Wakut ke Singapura pun aku menyewa untuk mencoba gendongan Hip Seat.

Trekking Sentul

Nah, merk dan jenis gendongan kan banyak ya, menurut aku sesuaikan saja dengan budget dan kenyamanan kalian sendiri. Ada yang nyaman dengan gendongan hipseat (tapi hip seat ini baru boleh digunakan setelah anak bisa duduk sendiri ya), ada yang nyaman dengan gendongan baby wrap, ada juga yang nyaman dengan ring sling, sesuaikan saja dengan umur bayi dan kenyamanan penggendong yaa.

Kami menggunakan gendongan ergo (soft structure carrier) saat mendaki ke gunung Batur di Bali, juga saat treking ke Sentul dan juga saat mendaki ke air terjung Cibeurum. Yaa untuk tempat-tempat yang begitulah gendongan ini bermanfaat. Soalnya si anak balita bahkan batita ya belum cukup kuat untuk diajak jalan di medan yang seperti itu.

8. Cemilan

Selain makan berat, ini dia favorit bocah dan jadi senjata yang sangat ampuh untuk mengatasi kebosanan dalam mobil. Bosen sih ngemil, ahaha. Tapi beneran ampuh. Mungkin sebetulnya memang pada lapar ya, tapi biasanya untuk makan masih nanggung, untuk dibiarkan ya laper.

Cemilan ini sekaligus mengamankan supaya perut terisi selalu dan anak terhindar dari badan yang tidak segar. Dari beberapa kali road trip, ya anak-anak mulai “rungsing” kalau bukan karena mengantuk, ya pasti karena mau ngemil ini.

Makanya ini bener termasuk barang wajib yang harus selalu dibawa saat road trip ataupun travelling ke mana saja. Tapi memang gak cukup sekali beli kok biasanya. Memang beberapa kali beli, apalagi kalau road tripnya memang agak lama ya, misal lebih dari 3 hari 2 malam aja, pasti deh butuh beberapa kali reload si cemilan ini 😀

9. Minuman yang Cukup Banyak

Jangan lupa minum ya gaes biar gak dehidrasi. Setiap kali istirahat, selalu deh isi ulang minuman juga. Apalagi bawa anak-anak, dan apalagi bawain cemilan yang banyak juga, jadi pasti lah butuh minum.

Sesekali beliin juga minuman favorit anak-anak, Coca-cola atau Pocari Sweat atau apa deh yang anak mau. Misal kita beli cemilan, ya sekalian saja belikan anak-anak minuman yang memang mereka inginkan itu. Supaya selain menghilangkan haus, minum minuman yang memang mereka mau bisa meningkatkan mood mereka juga dan kabar baiknya ya tentu jadi mengurangi cranky anak donk yaa.

10. Tempat Sampah Kecil

Road trip bersama anak-anak dan membawa cemilan di mobil? Jangan pernah lupakan tempat sampahnya ya! Tempatkan juga tempat sampah ini di jangkauan anak-anak supaya mereka bisa langsug membuang sampah makanannya ke sini.

Bisa juga tepat sampahnya ditempatkan dekat ibu sih. Biasanya anak-anak juga jadi bisa diingatkan untuk memberikan sampa bekas makannya ke ibunya, supaya nanti bisa dikumpulkan di plastik kecil untuk sampah.

Terakhir kami road trip, suami sudah meenyediakan tempat sampah lipat yang agak besar di bagian tempat duduk anak-anak sih. Ini makin memudahkan mereka untuk membuang sampahnya sih. Plus sedikit membuat mobil gak terlalu berantakan lah.

Tips Singkat Packing

Sedikit tips untuk packing supaya mudah mengambil yang kita inginkan: Letakkan di dalam tas-tas kecil sesuai kategori, lalu masukkan lagi ke dalam tas utama atau koper. Bahkan di tas yang dibawa atau ditenteng, hal-hal yang akan bermanfaat sepanjang perjalanan juga seperti itu. Hal ini memudahkan kita mencari sesuatu, tinggal buka tas/pouch sesuai kategorinya dan tidak membongkar kategori yang lain.

Misalnya, baju anak, jilbab, baju dalam, itu bisa menjadi satu kategori sendiri dan biasanya aku masukkan ke dalam pouch terlebih dahulu. Yaa pakai set travel bag gitu sih biasanya.

Setelah memastikan semua barang yang diperlukan ini sudah kita bawa, insyaAllah kita siap deh mengajak anak-anak untuk road trip. So, mau road trip ke mana nih? 😀

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: