Ini Dia 6 Tips Yang Aku Lakukan Saat Mengajak Anak Road Trip

Comment

Family Traveler Keluarga Traveling
Parkir di Kapal Road Trip Bali

Masih yaa dalam rangkaian cerita road trip ke Bali akhir tahun lalu. Road tripnya udah bulan Desember, ceritanya baru ditulis sekarang, ihihi.

Berhubung aku memang senang traveling, apalagi road trip begini, jadilah aku merasa kayaknya seru kalau mengajak anak ke hal yang aku suka itu. Makanya sebelum road trip dilaksanakan, kami (aku dan suami) mempersiapkan semuanya, baik fisik maupun mental.

Yang namanya perjalanan panjang, apalagi melalui darat, pasti donk semua akan merasa capek, terutama anak-anak. Kami baru beberapa kali road trip sih, baru ke Jogja, Bali, dan Lampung. Nah, hal-hal ini deh yang biasanya kami lakukan saat mengajak anak-anak road trip bersama kami.

Parkir di Kapal Road Trip Bali
Parkir di Kapal Road Trip Bali

Briefing

Briefing ini sungguh bermanfaat, terutama untuk menenangkan anak dan memberi mereka “persiapan mental” dalam menghadapi tempat atau suasana yang baru.

Sekitar seminggu sebelum road trip, biasanya anak-anak diceritakan dulu rencana yang sudah kita susun serta kemungkinan kemungkinan apa saja yang bisa terjadi selama perjalanan. Berapa lama kita akan berada di jalan, berapa kali kita akan berhenti, kita akan ke mana saja, dan lain sebagainya diskusikan saja bersama anak sambil bercengkrama santai di rumah.

Road Trip Bersama Anak
Road Trip Bersama Anak

Selanjutnya, setiap kita akan mengunjungi tempat wisata apapun kita ceritakan lagi ke anak. Jadi iyes, briefing ini gak hanya dilakukan sekali sebelum perjalanan, tapi sepanjang perjalanan pun kita lakukan ini. Jatuhnya ya kayak obrolan sehari-hari aja sih sama anak, kita besok mau ke mana lagi, tempatnya seperti apa, apa yang bisa kita lakukan di tempat itu, dan lain sebagainya lah yang bisa menyiapkan anak terhadap tempat baru.

Baca juga: The Power of Briefing

Iya sih lebih capek ya karena harus selalu ingat untuk cerita ke anak, tapi kalau memang sesuka itu melakukan traveling bersama anak, hal ini malah jadi kesempatan quality time yang berkesan banget loh sama mereka. Plus jadinya bukan ke capek, eh capek sih tapi jadinya ya capek yang bahagia gitu.

Capek bahagia tu gimana coba? ahaha

Jaga Perut Agar Selalu Kenyang!

Makan Saat Road Trip
Makan Saat Road Trip

Selain selalu disiplin pada jam makan, sediakan cemilan yang banyak dan melimpah juga agar perut anak selalu terisi. Soalnya, aku sih mikirnya perut yang penuh terisi itu satu langkah dalam menjaga kekebalan tubuh anak dan dengan begitu aku juga menjaga kesehatan mereka sepanjang perjalanan.

Selain mencegah tubuh anak dari penyakit, makan yang cukup dan perut yang selalu kenyang juga akan memberi mereka stamina yang cukup kuat untuk menjalani road trip yang membutuhkan waktu perjalanan yang cukup lama dengan kondisi yang mungkin tidak terlalu nyaman.

Tidak terlalu nyaman karena mereka jadinya harus banyak tidur di mobil dan duduk dalam waktu yang lama kaan.

Minum Vitamin

Nah, selain makan yang cukup, vitamin tambahan ini juga bisa diperlukan. Bawa vitamin yang anak suka dan bisa meningkatkan daya tahan tubuh mereka juga.

Kami biasanya sih bawa CDR aja, standar yaa, hehehe. Tapi terkadang juga bawa vitamin anak-anak yang bisa dikunyah juga sih semacam sakatonik abc atau youvit jelly. Yang ini anak jadi serasa makan permen dan ya akan mengonsumsinya dengan hati yang senang jadinya, hehehe.

Jangan Lupa Membawa Buku atau Mainan

Ini termasuk dalam barang wajib yang harus dibawa sih kalau ke mana-mana bersama anak. Soalnya, dibanding dikasih gadget terus sepanjang jalan, buku dan mainan juga ampuh untuk mengatasi kebosanan.

Di mobil itu sepanjang perjalanan road trip yang ampuh mengurangi anak cranky itu kalau bukan cemilan, ya gadget, buku, atau mainan. Bisa main mainan yang mereka bawa, bisa juga mainan yang kita ciptakan sendiri sepanjang perjalanan. Menghitung mobil misalnya, main tebak kata lah, atau mainan kreatif lainnya yang bisa kita dapatkan sepanjang jalan.

Baca juga: 10 Barang Wajib Saat Mengajak Anak Dan Balita Road Trip

Nah, untuk anak yang sudah bisa baca, ada tambahan lagi yaitu buku cerita (biasanya sih anak-anak membawa komik ya, wkwkwk). Eh, tapi untuk balita bisa juga sih dibawakan buku cerita juga. Dia akan “ikut” baca juga kayak kakaknya, walaupun belum bisa baca, ihihi.

Eh, walaupun balita itu belum bisa baca huruf per huruf tapi mereka bisa “membaca gambar” sih. Makanya buku yang diperuntukkan bagi balita memang buku-buku yang masih banyak gambarnya 🙂

Cari Penginapan Yang Nyaman

Ini dia yang harus dilakukan sebelum keberangkatan road trip, yaitu mencari penginapan yang nyaman (baca: lega). Karena namanya bawa anak, apalagi aku udah 3 ya, jadi memang yang paling pertama jadi pertimbangan adalah yang kamarnya cukup lega untuk kami semua.

Penginapan Lega dan Nyaman saat Road Trip
Penginapan Lega dan Nyaman

Eh, walaupun gak lega, kalau memang tempatnya nyaman untuk anak-anak gapapa juga sih. Biasanya selain lega, aku cari yang ada bath tub nya, siapa tau anak-anak bosen di kamar, terus yaudah, diajak berendam aja mereka gak akan nolak biasanya, ahaha.

Tapii, kalau penginapan untuk “transit” saja, biasanya bukan semacam hotel yang ada bath tubnya, makanya pertimbangan pertama tadi ya lega nya itu, plus biasanya bisa untuk meminta tambahan tempat tidur, supaya bapaknya gak tidur di lantai xp

Memberi Kelonggaran Akan Gadget

Nah ini juga penting yaa. Walaupun mungkin di rumah kita bisa se-strict itu sama gadget, di jalan sih bisa kasih kelonggaran. Berhubung mereka memang capek dan bosan, gak ada salahnya untuk memberi mereka tambahan waktu untuk memegang gadget.

Tapi longgar bukan berarti bablas ya. Longgar berarti memberi waktu sedikit lebih lama dibanding di rumah untuk anak memegang gadget. Kalau biasanya di rumah maksimal 1 jam, mungkin saat road trip bisa ditambah menjadi 1 jam 30 menit atau tergantung kesepakatan masing-masing keluarga lagi.

Baca juga: Road Trip Jakarta Bali Bersama Anak-anak, Berapa Lama Durasi Perjalanan Serta Biayanya?

Kelonggaran waktu ini sebetulnya memberi kesempatan pada kita, orangtuanya untuk “mengisi tenaga” kembali. Namanya perjalanan darat dalam waktu lama, terlebih lagi kita juga harus mengurus semua keperluan dan kebutuhan, terutama lagi mengurus anak-anak, pasti ada masa kelelahan dan memang capek.

Jadi, ya kalau dibutuhkan, kelonggaran gadget ini tidak menjadi masalah. Jadi kita punya waktu sedikit lebih lama juga untuk mengistirahatkan tubuh kita. Setelah screen time selesai, harapannya kita juga sudah siap untuk mengajak anak bermain lagi atau memenuhi kebutuhan mereka kembali. 🙂

Tips-tips ini, dari briefing, menyiapkan vitamin, membawa buku dan mainan, mencari penginapan yang nyaman, memberi kelonggaran akan penggunaan gadget, serta menjaga anak-anak agar selalu kenyang ini akan lancar dengan sendirinya insyaAllah kalau kita punya satu pikiran positif dan menanamkan pikiran: Kita bepergian untuk bersenang-senang, maka jangan biarkan hal unexpected yang tidak bisa kita kendalikan mengurangi kesenangan tersebut.

Menurut aku, dengan begitu kita bisa lebih santai dan lebih menikmati kebersamaan kita dengan anak-anak saat road trip. Karena yang terpenting adalah kebersamaannya kan, bukan tujuannya 😉

It’s the journey, not the destination that matters

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: