Bukan Cuma Orang Dewasa, Anak-anak Pun Bisa Bermain Seru Di BSD Xtreme Park

Comment

Family Traveler Pribadi Review
Roller Park di BSD Xtreme Park

Kalau denger dari namanya, kok kayanya ini gimanaa gitu ya. Xtreme park, kesannya tempat ini full dengan permainan-permainan extreme. Tapi, kalau lihat dari google, tempatnya semacam tempat yang pas untuk bisa seru-seruan bareng anak. Bisa bermain di ruangan terbuka lah gitu.

Sebetulnya aku sendiri sih gak kepikiran tempat ini bakal kayak gimana. Waktu diajak suami untuk ke sini sama anak-anak, aku iya iya aja. Dari awal sih tujuan suami mau mengajak anak-anak untuk coba bermain sepatu roda di sana, ganti tempat supaya beda suasana gitu main sepatu rodanya.

Begitu sampai sana, aku agak kaget juga karena ternyata tempatnya cukup besar. Eh, yang paling bikin kaget sih, apa-apa bayar *ups ihihi. Karena konsepnya tiap “park” itu beda tema, jadi di tiap park itu berbayar. Coba kita ulik lebih lanjut lagi deh.

Roller Park di BSD Xtreme Park

Harga & Lokasi

Harga tiket masuknya sih cukup 15.000 rupiah yaa. Ini kita sudah bisa untuk jogging, karena ada jogging tracknya gitu. Anak yang kecil kalau mau main sepeda tipis-tipis juga bisa sih, walaupun disediakan bike park terpisah dan berbayar.

Tapi, biasanya kalau tidak masuk park yang lainnya, para pengunjung menyewa beragam kendaraan listrik yang disediakan. Mulai dari sepeda listrik, go kart kecil (tapi ini khusus anak-anak), bajaj listrik, sampai ATV. Kendaraan-kendaraan ini disewakan dengan harga yang beragam pula.

Setiap park-nya kayak yang tadi aku bilang ya, berbayar dan beragam juga harganya tergantung kita mau masuk ke park mana saja. Di beberapa tempat, seperti roller park atau bike park, kalau kita tidak membawa peralatannya, di sini juga bisa menyewa ya.

Anw, ini list lengkap harga tiap wahana/park nya:

Untuk jam operasionalnya, saat weekdays baru dibuka sekitar jam 12.00. Namun, di weekend bisa dari pagi sekitar jam 7 pagi. Jadi kita bisa menghabiskan waktu bersama keluarga saat akhir pekan di sini sejak pagi. Setiap wahana hanya berlaku selama 2 jam ya. Jadi kita bisa menikmati bike park atau roller park ataupun area lainnya ya selama 2 jam itu. Kalau 2 jamnya sudah habis tapi masih mau melanjutkan, artinya kita beli tiket lagi deh 🙂

Lokasinya sendiri udah terbaca donk ya dari nama tempatnya, BSD Extreme Park, jadi iyes lokasinya di BSD. Lengkapnya di BSD City, Jl. Damai Foresta, Sampora, Kec. Cisauk, Kabupaten Tangerang, Banten 15345.

“Park” (Wahana) Apa Saja yang Ada di BSD Xtreme Park

Setelah membayar tiket masuk seharga 15 ribu rupiah, sebetulnya kita sudah bisa bebas sih mau bermain apa. Mau jogging juga oke, karena ada track jogging yang bisa kita gunakan. Track ini juga digunakan untuk kendaraan yang disewakan oleh BXP sendiri. Hanya saja, kalau mau yang lebih bertema atau yang lebih menantang, kita bisa memasuki wahana atau area yang disediakan. Yap dengan membayar biaya tambahan seperti yang sudah aku cantumkan di atas.

BSD Xtreme Park
BSD Xtreme Park

Di dalam area yang disediakan, sudah disesuaikan dengan tema yang tercantum. Bike Park misalnya, berhubung namanya memang xtreme park untuk sepeda, jadi di dalam area bike park ini jalanannya bergelombang, memang medan yang menantang untuk bermain sepeda.

Totalnya ada 7 area yang bisa kita masuki, yaitu Skate Park, Bike Park, Roller Park, Gokart, Archery, Paintball, serta Rock & Rope.

-SKATE PARK- Area ini merupakan tempat bermain dan berlatih skateboard. Untuk memasuki area ini, kita dianjurkan membawa skateboard sendiri dari rumah. Kalaupun tidak membawa peralatannya, kita bisa menyewa kok. Oiya, selain skateboard, pengunjung yang ingin beraktivitas di skate park ini diwajibkan untuk memakai helm dan peralatan perlindungan lainnya. 
-BIKE PARK- Bike park ini bisa juga digunakan oleh balita ya, karena akan ada area untuk balance bike juga. Tapi, kalau mau menggunakan area yang sama dengan BMX lainnya, juga boleh sih, hanya saja wajib ditemani oleh pendamping dan wajib memakai perlengkapan pelindung juga. Anak-anak yang suka bermain sepeda, bisa nih diajak ke sini supaya merasakan medan yang lebih menantang dalam bermain sepeda :)
Bike Park BXP
Bike Park BXP
-ROLLER PARK- Seperti namanya, roller park, area ini memang disediakan untuk bermain roller skate atau sepatu roda. Again, kalau belum membawa perlengkapan yang dibutuhkan, kita bisa menyewa. Plus, peraturannya juga sama, wajib menggunakan pelindung, helm dan protective gear lainnya.
Roller Park BXP
Roller Park BXP
-GOKART- Nah, ini dia area untuk yang suka balapan seperti suami aku. Kemarin saat ke sini, sebetulnya gatel juga mau nyobain area gokart ini kan, tapi sebelum memasuki area ternyata kita harus membawa sarung tangan dan jaket sendiri. Beda dengan area lain, kalau kita tidak membawa sarung tangan dan jaket sendiri, bukan hanya sewa, tapi wajib beli, hehehe.
Gokart BXP
Gokart BXP
-ARCHERY- Di sini, usia minimal yang bisa masuk adalah 5 tahun. Luas lapangannya cukup besar dengan target panahan yang cukup banyak. Jadi, bisa menampung cukup banyak pengunjung. Pengunjung juga tidak terlalu lama menunggu gilirannya.
-PAINTBALL- Wah, kalau ini sih seru untuk bermain berkelompok ya. Biasa juga dipakai untuk gathering gitu. Suami juga pernah gathering kantornya untuk bermain paintball. Soalnya selain seru, jadi ajang untuk membangun bonding juga sesama peserta. Luas areanya juga cukup besar dengan banyaknya air ball sebagai rintangannya.
-ROCK & ROPE- Walaupun dia satu area, tapi tiketnya dibedakan. Rock maksudnya adalah wall climbing dengan ketinggian yang lumayan tinggi. Sedangkan Rope merupakan area untuk high rope dan flying fox. Sebetulnya ada spiderweb, tapi kemarin saat kami ke sana, spiderwebnya sedang tidak bisa digunakan karena talinya sudah masanya harus diganti. 

Anw, persyaratan untuk bisa memasuki area atau mengikuti aktivitas di sini adalah, tinggi minimal pengunjung adalah 1m dengan maksimal berat badan 140kg. Sebetulnya akan dibedakan ya anak-anak dengan yang dewasa. Kalau tingginya sudah mencapai 1,5m, maka pengunjung bisa mengikuti aktivitas yang ditujukan untuk dewasa. Untuk high rope, anak-anak menggunakan halang rintang yang lebih rendah dibandingkan yang dewasa.
Rock & Rope BXP
Rock & Rope BXP

Kendaraan-kendaraan yang Disewakan

Selain wahana atau park yang tersedia tersebut, BXP juga menyewakan kendaraan-kendaraan yang bisa kita gunakan selama di sana. Kendaraan ini semuanya berbahan bakar listrik ya. Mulai dari sepeda listrik, gokart mini, sampai bajaj listrik, ada juga ATV. Kesemuanya bisa kita sewa dengan membayar harga sewanya di ticket box.

Sepeda Listrik (E-bike)

Harga sewa e-bike ini dibanderol pada harga 75 ribu rupiah untuk 1 jam. 1 jam itu lumayan juga sih, kita bisa 2x berkeliling sepanjang BXP. Atau kalau tidak mau melewati jalan ATV atau keliling di tepi BXP, bisa juga berkeliling di sekitar lahan utama.

E-bike BXP
E-bike BXP

Hoverboard dan e-Gokart

Kendaraan ini khusus untuk anak-anak ya, jadi orang dewasa tidak diperbolehkan naik. Berhubung namanya juga mini, jadi memang bukan gokart yang ada di area gokart dan berkecepatan tinggi, bukan. Gokart mini ini memiliki kecepatan di batas aman untuk dikendarai anak-anak.

Selama tinggi anak bisa mencapai gas dan rem yang ada, dia sudah bisa mengendarai gokart mini ini.

Hoverboard & Gokart Mini
Hoverboard & Gokart Mini

Bajaj Listrik

Bajaj listrik ini lebih kayak mobil golf gitu lho. Bisa dinaiki oleh 1 sampai 4 orang, eh 3 orang deng. Nah, harga sewanya itu beda dengan sepeda atau hoverboard. Kalau sepeda itu untuk per jam, bajaj listrik ini sewa untuk 1x keliling. Kelilingnya itu keliling BXP yang luas dan kita jadi bisa melihat semua area yang ada di BXP.

Bajaj Listrik BXP
Bajaj Listrik BXP

ATV

Kayanya ini kendaraan favorit sih. Soalnya memang seru dan lahannya memang cocok untuk ATV ini. Bajaj listrik enak, tapi agak gak cocok, karena lahannya berkelok kelok dan ada belokan yang agak tajam.

Saat kami kemarin ke sana, bajaj listrik ini sampai ada yang rusak 2 buah. Pasalnya saat bajaj listrik melewati lahan keliling BXP, ada belokan yang sangat tajam, sehingga bajajnya terkena pohon dan kaca depannya pecah. Satu bajaj lainnya sampai terguling dan penumpangnya terjatuh.

Bermain Roller Skate dan High Rope

Kami sendiri kemarin ke BXP untuk melakukan beberapa kegiatan. Utamanya sih papanya mau mengajak Naia dan Nawa bermain roller skate di roller parknya. Tapi ternyata Nawa malah gak mau dan memilih yang lainnya.

Selain bermain roller skate, aku membeli tiket untuk berkegiatan di bagian rope sih. Aku beli 3 tiket untuk Naia, Nawa, daann aku sendiri, ihihi. Emaknya mencontohkan yaa, ahaha.

Begitu tiket terbeli, papanya langsung menuju roller park bersama Naia. Sementara aku, Nawa, dan Nara awalnya bingung mau apa. Tapi akhirnya kami menaiki e-bike dan berkeliling BXP. Awalnya aku gak tau kalau ternyata bisa berkeliling sejauh 1 putaran, tapi ternyata bisa untuk dikelilingi sambil melihat berbagai area yang ada. Termasuk area roller park.

Setelah sama-sama puas bermain, main sepatu roda dan berkeliling BXP, kami berniat untuk melakukan high rope. Tapi ternyataa, areanya tutup sementara untuk istirahat saat siang. Jadilah kami makan dulu di tempat makan yang disediakan. Baru setelah itu menuju rock & rope area.

Rock & Rope

Di dalam area rock & rope ini terdapat wall climbing yang sangat tinggi serta high rope dengan beragam ketinggian. Ketinggian paling rendah untuk anak-anak, lalu di atasnya yang cukup tinggi untuk digunakan oleh dewasa.

Nah, bagian anak-anak, terdapat flying fox di tengah-tengah, jadi nanti anak akan menaiki flying fox itu sebanyak 2x sepanjang permainan. Untuk dewasa, flying foxnya hanya 1x namun dengan ketinggian yang cukup tinggi dan juga lumayan panjang.

Tapi ada beberapa orang yang tidak mau melalui high ropenya dan langsung menuju flying fox. Ya diperbolehkan donk masa enggak. Karena ternyata mereka takut begitu sampai di bagian atas. Memang dari awal terlihat biasa saja, tapi begitu di atas, detak jantung kita pasti akan lebih berdebar dan akan memiliki perasaan seperti bergoyang.

High Rope BXP
High Rope BXP

Setelah puas bermain high rope dan flying fox, kami lalu berkeliling menggunakan bajaj listrik yang Alhamdulillahnya masih bisa digunakan tanpa penutup atas. Setelah itu barulah kita pulang.

Puaass ternyata menghabiskan waktu seharian di sini. Awalnya gak mau menghabiskan waktu terlalu lama sih, tapi karena aku terlanjur beli tiket bajaj listrik, ya jadilah digunakan donk daripada hangus, hee.

Foodcourt dan Mushola

Setelah bermain seru, pastinya kita lapar dan haus donk. Tenang saja, di sana juga ada foodcourt dengan berbagai pilihan makanan seperti yang sudah aku ceritakan kalau kami juga makan siang di sini. Ada indomie, ayam penyet, batagor, sate maranggi, dan makanan lainnya.

Untuk minuman, hanya tersedia 1 counter yang menyediakan air mineral dan minuman manis lain seperti strawberry yakult, manggo yakult, dan beberapa rasa lainnya.

Selain itu, terseida juga stand cemilan. Namanya cemilan, memang hanya menjual makanan ringan dan es krim. Cocok untuk menenangkan anak yang sudah mulai kepanasan, ihihi. Stand cemilan ini dekat dengan area Rock & Rope.

Stand Cemilan di BXP
Stand Cemilan di BXP

Selain makanan, yang juga biasa dibutuhkan adalah mushola. Mushola ini bisa kita temukan di antara area paintball dan roller park. Terdapat tempat wudhu yang terpisah antara laki-laki dan perempuan. Selain itu, di dalam musholanya juga disediakan alat sholat, lumayan nyaman lah.

Mushola BXP
Mushola BXP

Keunikan BXP: Pakai Kontainer

Satu keunikan yang aku perhatikan dari BXP, yaitu menggunakan kontainer di setiap ruangan yang ada. Mulai dari ticket box, lalu ruangan penjaga di setiap area, tempat makanan dan minuman, bahkan mushola dan toilet pun dari kontainer.

Mungkin terkesan panas, tapi nyatanya enggak. Bahkan bisa menyatu dan memang konsepnya cocok dengan label “xtreme park”nya itu sendiri.

Keunikan BXP
Keunikan BXP

Oiya, bulan ini sedang ada promo tiket terusan ternyata. Kalau beli 3 tiket wahana sekaligus, kita akan mendapat potongan harga sebesar 5.000 per wahana. Lihat info lebih lengkapnya di IGnya yaa: @bsdxtremepark

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: