Review Tempat Wisata

Melihat Kota Lampung Dari Ketinggian Di Puncak Mas

Dalam rangkaian road trip ke Lampung beberapa waktu lalu, salah satu tempat wisata yang bisa dibilang impulsif kita datangi adalah Puncak Mas. Impulsif karena awalnya kami belum berencana untuk ke sini, tapi karena bingung mau ke mana lagi, ya browsing aja deh dan ternyata ada tempat wisata yang cukup menarik dan tidak terlalu jauh dari kota Lampung. Tempat wisata ini dideskripsikan sebagai tempat untuk bisa melihat kota Lampung dari ketinggian, namanya Puncak Mas.

Selain itu, tempatnya bisa dibilang instagrammable karena banyak spot foto kekinian dan ada wahana naik sepeda di ketinggian dengan meniti tali. Nah berhubung tempatnya tadi tidak terlalu jauh dari kota Lampung serta daripada gak kemana-mana lagi, cuss deh kita ke Puncak Mas ini.

Ternyata lumayan juga, tempatnya cukup menyenangkan dan cukup bikin anak-anak lumayan antusias. Plus harga tiketnya juga tidak terlalu mahal. Jadi bisa lah untuk ide tempat wisata kalau kalian sedang ke Lampung. 😉

Puncak Mas Lampung
Puncak Mas Lampung

Mari aku bahas satu per satu tentang Puncak Mas ini ya, mulai dari lokasi, harga tiket, serta fasilitas apa saja yang ada di sana.

Lokasi Puncak Mas

Lokasi Puncak Mas Lampung masih berada di kota Bandar Lampung, seperti namanya “Puncak”, jadi memang berada di atas ketinggian yang cukup lumayan, makanya bisa melihat kota Bandar Lampung dari atas dengan mengunjungi tempat ini.

Lokasi lebih tepatnya berada di Jl. PB. Marga, Sukadana Ham, Kec. Tj. Karang Baru, Kota Bandar Lampung, Lampung 35215. Sekitar 20 menit dari pusat kota Bandar Lampung.

Tidak terlalu jauh juga dari berbagai penginapan dan hotel yang ada di kota Lampung. Berhubung waktu itu kami menginap di Swiss-Belhotel Lampung, kami hanya membutuhkan waktu 15 menit saja menuju Puncak Mas.

Harga Tiket dan Jam Operasional

Saat kami ke sini, harga tiket masuknya masih di 20.000 per orang dewasa, 10.000 untuk anak-anak. Untuk parkir mobil dikenai lagi 10.000. Terhitung murah donk yaa untuk tempat wisata kekinian gini.

Sebetulnya ada satu wahana yang bikin tempat ini jadi tambah menarik, yaitu sepeda kabel. Jadi kita menaiki sepeda di atas ketinggian gitu, pastinya pakai alat pengaman donk yaa. Tapi aku gak tau kalau mau naik sepeda kabel yang di atas ketinggian itu bayar lagi atau enggak. Sepertinya sih bayar lagi, karena kalau enggak bisa membludak kali ya yang mau naik sepeda itu.

Sayangnya waktu kami ke sana, wahana sepeda kabel ini sedang tutup. Entah karena memang tutup hari itu, atau karena kami yang terlalu sore ke Puncak Masnya makanya sudah tutup, hihihi. Walaupun sudah sore, Puncak Mas masih buka dan cukup ramai sih. Soalnya waktu operasionalnya mulai jam 08.00 pagi bisa sampai jam 22.00 malam. Bahkan kalau weekend, bisa sampai jam 24.00 lho!

Baca juga: Tur Pulau Pahawang Sehari Bersama Anak-anak

Fasilitas di Puncak Mas

Puncak Mas Lampung

Fasilitas yang ada di Puncak Mas sendiri terhitung cukup lengkap menurut aku karena bisa memenuhi kebutuhan kita yang dewasa, juga memenuhi kebutuhan anak-anak untuk bermain. Soalnya terdapat area playground tersendiri untuk anak-anak.

Lebih lengkapnya, fasilitas yang ada di Puncak Mas terdiri dari:

  1. Lahan parkir yang cukup luas. Awalnya kami cukup bingung mencari parkir sih, tapi ternyata lahan parkirnya ini terdapat di bagian belakang. Cukup luas karena ada beberapa area parkir. Waktu kami ke sana sih hanya terlihat 1 area saja, ya di tempat kami parkir mobil itu. Tapi saat mau pulang, barulah terlihat ada beberapa tempat parkir karena kami melewatinya.
  2. Playground anak. Yang satu ini kayanya jadi syarat wajib sih kalo ke tempat wisata membawa anak-anak, ahaha. Soalnya kadang kalau gak dihibur dengan playground kayak gini, anak-anak tuh gampang banget bosan.
  3. Foodcourt. Iya, ada foodcourtnya juga. Jadi gak usah khawatir ya kalau ke sini belum makan dan tidak membawa makanan, hehe. Harga makanannya juga insyaAllah masih ramah di kantong kok. Tapi, menurut aku kualitas makanannya agak biasa saja. Ya sesuai harga nya sih 😀
  4. Toilet. Toiletnya tidak terlalu besar dan (menurut aku) tidak terlalu terlihat, karena berada agak jauh di dalam, hampir mendekati tempat parkir. Jadi, tempat parkir yang kami tempati itu berada di jalanan menurun dan di area (hampir) belakang tempat wisatanya. Nah, saat berjalan ke atas itulah kami menemukan toilet. Toiletnya juga kurang terawat karena agak bau dan kurang bersih. Jadi, untuk fasilitas yang satu ini di Puncak Mas sih agak kurang baik ya menurut aku.
  5. Mushola. Etapi ini cuma ketemu tulisannya sih. Aku, suami dan anak-anak kebetulan gak ngerasain sendiri musholanya kayak gimana. Mungkin karena udah ilfil sama toiletnya kali ya, hehehe.

Hal Yang Menarik di Puncak Mas

Setelah melihat dan merasakan sendiri masuk ke tempat wisata Puncak Mas ini, ada satu hal yang memang paling menarik perhatian sih, yaitu:

“Rumah Pohon”. Rumah pohon ini semacam tempat yang memang dibuat di atas pohon untuk melihat kota Lampung lebih jelas lagi dari ketinggian. Walaupun Puncak Mas memang berada di dataran yang cukup tinggi, kita tetap butuh naik ke atas ketinggian yang cukup seperti di rumah pohon ini sih supaya bisa melihat kota Lampung lebih luas lagi.

Rumah Pohon ini banyak lho ya, dengan beragam ketinggian dan bentuk, serta tersebar di sekitar kawasan wisata Puncak Mas ini, jadi tenang saja, tidak usah terlalu takut tidak kebagian melihat dari rumah pohon ini.

Rumah Pohon Puncak Mas Lampung

Selain rumah pohon ini, hal menarik lainnya seperti spot foto yang instagrammable dan gazebo yang tersebar, serta taman kecil yang berada di tengah kawasan. Sepertinya Puncak Mas ini memang dibuat dan dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan anak muda jaman sekarang ya, yang suka dengan tempat wisata instagrammable. *termasuk kami donk kalo gitu xp

Spot Foto Puncak Mas Lampung

Overall menurut aku Puncak Mas ini nilainya yahh 7 dari 10 lah ya, hehe. Tempatnya lumayan luas, banyak sekali tempat duduk duduk santai, banyak juga rumah pohonnya jadi gak ada yang berdesakan untuk masuk atau naik ke rumah pohon tersebut, serta ada playground yang lumayan luas untuk anak-anak bermain. Sayangnya ya itu sih, makanan yang terlalu biasa serta toilet dan mushola yang kurang dirawat, jadinya menurunkan nilai keindahan Puncak Mas itu deh.

Baca juga: 10 Barang Wajib Saat Mengajak Anak Dan Balita Road Trip

Gimana, ada yang masih kurang lengkap belum nih pembahasan aku? Aku sudah bahas lokasi, harga tiket, fasilitas, dan hal menarik yang bisa kalian temukan di Puncak Mas. Kalau penasaran dan bingung mau ke mana lagi di Lampung, boleh bangeet lho mampir ke Puncak Mas ini, pemandangan dari atasnya lumayan oke soalnya. 😉

istianasutanti

Ilman Akbar's wife & 3N's mother. (Naia, Nawa, Nara)

I am a full time mother and part time blogger. Love to do traveling with ny family and share it on this blog. Hope you guys enjoying my content and love it if you being inspired with my experience and share your experience with me.

Always want to learn something and be a better person everyday.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.