Review Hotel

Hotel Le Eminence Puncak, Tempat Kemewahan Dan Alam Menyatu

Kayanya sekarang sekarang ini sudah cukup banyak yang tahu, bahkan menginap di hotel yang satu ini, hotel Le Eminence, yang berlokasi di Cipanas, Puncak. Soalnya, hotelnya memang sebagus itu. Menawarkan fasilitas serta tampilan yang mewah, tapi tidak melupakan kebutuhan akan segarnya alam pegunungan.

Daya tarik utamanya berupa sawah dan sungai yang berada tepat di belakang hotel, bahkan memang termasuk dalam fasilitas hotelnya. Maka dari itu, rasanya di hotel Le Eminence Puncak ini memang tempat kemewahan dan alam menyatu.

Hotel Le Eminence Puncak

Kami sendiri sudah 2x menginap di sini. Pertama kali saat hotel ini masih bernama Sahid Eminence, yang kedua kali baru beberapa bulan yang lalu (eh, sudah setahun ternyata!). Karena pengalaman menginap pertama memang mengesankan, aku jadi mau lagi ke sini.

Terlebih lagi, waktu pertama kali ke sini, hotel ini memang masih dalam tahap pembangunan, jadi masih belum semua gedung terlihat rapi. Makanya begitu beberapa tahun berlalu, aku yang kepengen banget banget ke sini lagi, ahaha.

Pas banget, begitu suami mengajak ke Puncak, ya aku usulkan untuk ke sini lagi deh. Dia sebetulnya mengajak untuk Glamping sih, dan memang glamping, tapi setelah itu ke Le Eminence, ihihi.

Lokasi dan Rate

Lokasi Le Eminence ini sudah tertera di judul donk ya, yaitu di Puncak, tepatnya di daerah Cipanas, yaa Puncak sebelah agak jauhan lagi sih kalau dari arah Jakarta lah, hehe.

Alamat lengkapnya sih di Jalan Raya Hanjawar No.19 Ciloto, Palasari, Kec. Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43253

Harga kamarnya sendiri mulai dari sekitar 900ribuan. Kayanya ini sudah include breakfast ya.

Baca juga: Hotel-hotel Puncak yang Ramah Anak

Fasilitas Kamar

Kami kebetulan pilih kamar junior suite dengan breakfast included. Nah, karena saat kami ke sana, kondisinya belum seperti sekarang, jadi sarapannya masih yang dibawa ke kamar gitu.

Sarapan Le Eminence
Sarapan Le Eminence

Di kamar ini fasilitasnya ada:

  • Air hangat
  • Bathtub
  • Handuk jubah mandi
  • Wi-fi
  • Kitchen bar (kopi, teh, dan gula)
  • Air komplementari hotel (2 botol)
  • Hair dryer
  • In room breakfast

Yang favorit dari kamar ini adalah kamar mandi yang kacanya transparan, jadi bisa terlihat dari kasur. Tentu bisa ditutup juga ya. Tapi, kalau begini, saat anak-anak mandi di kamar mandi, kita jadi bisa mengawasi (kecuali yang udah besar ya, karena udah malu, jadi ya harus ditutup).

Psstt untuk pasangan yang berbulan madu juga cocok banget donk yaa, ihihi.

Kamar Mandi Hotel Le Eminence
Kamar Mandi Hotel Le Eminence

Fasilitas Hotel

Nah ini yang jadi favorit nih. Gak mungkin donk kita suka ke sini kalau bukan karena fasilitas hotelnya yang memang bagus. Mungkin yang akan aku list belum semuanya, tapi fasilitas-fasilitas ini yang cukup mengesankan buat aku.

Lobi Hotel Le Eminence
Lobi Hotel Le Eminence

Kolam Renang

Kolam renangnya itu ada 3 jenis.

Yang pertama untuk dewasa dan punya kedalaman yang cukup tinggi, jadi kalau bawa anak-anak lebih baik berenang di kolam yang lain ya selain yang ini.

Kolam Renang Le Eminence
Kolam Renang Le Eminence

Kolam yang kedua adalah kolam untuk anak-anak. Sedikit lebih kecil dibanding kolam yang pertama dan juga lebih dangkal donk pastinya karena memang untuk anak-anak. Sayangnya di kolam ini airnya bukan air hangat, jadi anak-anak pun cenderung akan kedinginan kalau berenang di sini.

Maklum ya, daerah Cipanas, tempat hotel Le Eminence ini memang masih lumayan dingin suhunya, jadi kalau berendam terlalu lama ya kita juga bisa menggigil kedinginan. Maka dari itu kami waktu itu pakai yang ketiga, yaitu jacuzzi.

Baca juga: Menginap Pinggir Pantai Di Merusaka Nusa Dua Bali
Kolam Renang Le Eminence

Sebenernya aku gak tau sih ya ini bisa dinamakan jacuzzi atau bukan, hehe. Di kolam yang ini punya luas lebih kecil namun punya kedalaman yang hampir sama dengan kolam anak-anak, jadi anak-anak insyaAllah bisa berendam dan berenang di sini.

Plusnya, air di kolam ini adalah air hangat. Jadi anak-anak bisa berlama-lama untuk berendam apalagi berenang tanpa ngerasa menggigil 🙂

Playground (indoor & outdoor)

Kalau bawa anak-anak, fasilitas ini duluan deh ya yang dicari. Sekarang sudah cukup banyak kok hotel-hotel yang memiliki playground yang cukup luas, supaya anak-anak tambah senang menginap di hotel tersebut.

Playground Le Eminence
Playground Le Eminence

Le Eminence sendiri punya 2 tipe playground, indoor dan outdoor. Playground indoor terdapat di lantai 15, satu lantai dengan restoran hotel. Jadi bisa nih kalau sarapan ke restoran, setelah sarapan anak-anak bisa bermain sebentar di playgroundnya, ya gak?

Playground Indoor Le Eminence
Playground Indoor Le Eminence

Nah, playground outdoor nya terdapat di bagian persawahan dan tersebar di beberapa tempat. Berhubung area persawahannya juga cukup luas, jadi Le Eminence meletakkan beberapa tempat mainan. Memang ada sih satu area yang cukup luas untuk playgroundnya, tapi mereka juga menempatkan ayunan di sisi persawahan yang lainnya.

Playground Outdoor Le Eminence
Playground Outdoor Le Eminence

Sawah

Ini dia yang menjadi salah satu daya tarik utama Le Eminence yaa. Ada area persawahan lengkap dengan sungai yang mengalir di tepinya serta perkebunan strawberry dan mini zoo. Ini juga yang membuat hotel Le Eminence ini jadi perpaduan antara kemewahan dan alam.

Area Persawahan dan Sungai  Le Eminence
Area Persawahan dan Sungai Le Eminence

Kemewahan dari desain hotelnya yang megah dan memang kamar, fasilitas, serta makanannya memang mewah. Alam ya karena di bagian bawahnya terdapat sawah ini yang juga terdapat cafe.

Sayangnya kami belum mencicipi makanan di kafe bagian sawah ini. Anak-anak sudah terlanjur asik berenang dan terfokus dengan flying fox dan high rope yang ada di sisi lain sawah, ahaha.

Anw, untuk masuk ke area persawahan ini gak dibebankan biaya lain ya, cukup sebutkan saja nomor kamar tempat kita menginap. Kecuali, kita memang berniat untuk melakukan outbond atau kegiatan lainnya.

Terrarium di Sawah Le Eminence
Terrarium dan High Rope di Sawah Le Eminence

Di area sawah ini pula lah kita bisa turun ke sungai yang mengalir di tepinya. Turunnya beneran turun ya, hehe. Karena jalanan dari tepi (jembatan) menuju sawahnya itu kan jalan setapak yang mengitari persawahan, nah kalau mau ke sungai, ada bagian yang terbuka untuk akses jalan ke sungai ini berbentuk tangga untuk turun.

Outbond (High rope & Flying fox)

Nah kalau mau outbond (high rope ataupun flying fox) ataupun berkuda, baru deh bayar lagi. Kok aku lupa ya berapa per orang. Kalau gak salah sekitar 65.000 per orang, hanya anak di atas 6 tahun yang diperbolehkan untuk outbond ini.

Orang dewasa juga boleh ya. Bedanya, kalau anak-anak itu sudah termasuk high rope dan flying fox, untuk dewasa hanya flying fox nya saja. Untuk berkuda tarifnya sekitar 50.000.

Bersiap Outbond di Le Eminence
Bersiap Outbond di Le Eminence

Cafe

Cafe yang terdapat di hotel Le Eminence ini bernama Terrarium dan terletak di 2 tempat. Satu berada di lantai 18, satu lagi berada di area sawah tadi.

Terrarium di Sawah Le Eminence
Terrarium di Sawah Le Eminence

Terrarium yang berada di lantai 18 sebetulnya cukup cozy dan cukup “menjual” pemandangan. Karena pemandangannya langsung ke arah pengunungan. Selain itu, terdapat area yang cukup luas dan dipasang rumput sintesis serta beberapa bean bag untuk duduk.

Sayangnya saat kami ke sana, cuaca memang agak kurang bersahabat, jadi area yang luas dan cozy tadi masih belum terlihat. Kami jadi tidak bisa menikmati itu deh, huhu.

Terrarium Lantai 18 Le Eminence
Terrarium Lantai 18 Le Eminence

Dulu dan Sekarang

Beberapa tahun lalu, sekitar tahun 2017 sepertinya, suami pernah mengajak untuk wisata ke Puncak, mengunjungi beberapa tempat wisata yang ada di sekitar Puncak gitu ceritanya. Karena ternyata lumayan banyak ya tempat wisata lain yang ada di Puncak selain Taman Safari.

Nah berhubung maunya juga sekalian nginep (gak afdol soalnya ya kalau tanpa menginap, hihihi), jadilah kita mencari-cari penginapan yang dirasa pas.

Dulu dan Sekarang di Le Eminence
2017 vs 2021 di Le Eminence

Pada saat itu, ada nama Sahid Eminence, ratenya lupa sih berapa, tapi menarik juga ini kayanya. Hotelnya terlihat baru dan ternyata memang terhitung baru sih pada waktu tahun 2017 itu. Terlihat dari masih adanya pembangunan di salah satu gedung yang ada di sana.

Plus juga, area persawahan masih belum ada mini zoo, cafe, dan beragam playground, hanya terdapat pendopo serta high rope dan flying fox.

Dulu dan Sekarang di Le Eminence
Dulu dan Sekarang di Le Eminence

Monmaaf ya gak nunjukin bangunannya tapi malah foto bocahnya, hee.

Tempat Wisata Terdekat

Nah berhubung di tahun 2017 itu kami memang ke tempat-tempat wisata Puncak, jadi aku punya beberapa ide tempat wisata yang dekat dan bisa ditempuh dari Le Eminence ini. Jadi bisa lah liburan di Le Eminence sambil wisata juga ke mana-mana ya, hehehe.

Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara ternyata isinya luas banget. Terdapat beberapa taman bunga yang merupakan replika dari taman bunga negara-negara yang ada di dunia. Seperti taman Jepang, taman Belanda, dan lain sebagainya.

Taman Bunga Nusantara
Taman Bunga Nusantara

Bahkan terdapat area permainan anak tersendiri. Saat memasuki taman bunga ini, kita nanti juga dipersilakan untuk naik mobil yang disediakan untuk mengelilingi taman bunga. Mobil ini akan berhenti di area permainan anak, jadi kita bisa berkesempatan mengajak anak bermain terlebih dulu sebelum lanjut mengelilingi taman bunga.

Perjalanan menuju Taman Bunga Nusantara juga tidak terlalu jauh, hanya membutuhkan waktu sekitar 25 menit saja dari hotel Le Eminence.

Little Venice

Kalau Taman Bunga Nusantara membutuhkan waktu sekitar 25 menit, Little Venice ini lebih dekat lagi karena hanya membutuhkan waktu sekitar 14 menit saja dari hotel Le Eminence.

Little Venice Puncak
Little Venice Puncak

Little Venice ini seperti namanya, Venice, tempat ini memang dibuat sebagai versi kecil dari kota Venice di Itali. Namun sayang, tempat ini seperti kurang terjaga dengan baik.

Saat kami ke sana, terdapat beberapa spot yang kurang terjaga kebersihannya dan kurang dirawat. Tapi gak tau ya kalau sekarang, soalnya sudah lama kan kami ke sananya, semoga saja sih sekarang sudah lebih baik yaa 🙂

Taman Safari

Yang ini sih tempat favorit nakanak memang ya. Kalau ke Puncak dan membawa anak, pasti deh pilihan pertama akan pergi ke Taman Safari ini. Di mana lagi anak bisa melihat binatang sedekat itu ya kan.

Taman Safari
Taman Safari

Nah, kalau dari hotel Le Eminence, Taman Safari ini memang membutuhkan waktu yang lebih lama, sekitar 37 menit. Saran aku sih sambil menuju Le Eminence, pagi-pagi berangkat dari rumah kita ke Taman Safari dulu, baru deh sore nya check in di Le Eminence.

Menurut aku sih begitu pas ya, soalnya memang dari Jakarta, Taman Safari akan kita temui lebih dulu dibanding hotel Le Eminence. 🙂

Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas ini juga tidak terlalu jauh dari Le Eminence, hanya berjarak sekitar 19 menit dari hotel. Di sini asik untuk piknik piknik cantik gitu karena memiliki lapangan rumput yang sangat luas, ya mirip Kebun Raya Bogor sih, tapi ini lebih luas lagi. Anak-anak juga senang karena bisa bebas berlarian.

Kebun Raya Cibodas
Kebun Raya Cibodas

Jadi Le Eminence ini memang enak banget sih dijadikan tempat menginap, entah untuk berwisata sekitar Puncak, ataupun untuk sekedar Staycation. Kalaupun tidak berwisata sekitar Puncak, kita bisa puas juga melakukan aktivitas di hotel Le Eminence ini.

Karena itu tadi, fasilitasnya banyak dan asik-asik, terutama playground anak-anak yang lega dan ada di indoor dan outdoor serta outbond yang bisa dilakukan oleh anak dan orang dewasa.

hotel Le Eminence Puncak

Selain itu, karena memang termasuk hotel bintang 5, jadi desain dan kamar memang terlihat mewah ya. Makanya, pas banget kan kalau aku bilang di hotel Le Eminence ini tuh kemewahan dan alam menyatu. 🙂

istianasutanti

Ilman Akbar's wife & 3N's mother. (Naia, Nawa, Nara)

I am a full time mother and part time blogger. Love to do traveling with ny family and share it on this blog. Hope you guys enjoying my content and love it if you being inspired with my experience and share your experience with me.

Always want to learn something and be a better person everyday.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.