Review Tempat Wisata

Ke Tebet Eco Park Jangan Lupa Daftar Dulu Ya!

Yuhuu, akhirnya aku mendatangi Tebet Eco Park yang viral juga, ahaha. Waktu temen aku ke sana sama anak-anaknya, aku udah kepincut banget pengen ke sana juga.

Tapi gak lama sejak itu, taman ini malah viral dan memang jadi yang puenuh banget terus, huhuhu. Kan males juga yaa kalau kepenuhan orang, yang tadinya mau menikmati keindahan dan kesegaran tamannya, malah jadi berdesakan, kan gak enak yaa.

Gimana gak viral coba, soalnya Tebet Eco Park ini memang sebagus itu, jadi wajar saja kalau banyak sekali orang yang mau ke sana.

Tebet Eco Park
Tebet Eco Park

Sempat Ditutup

Karena animo masyarakat sangat baik hingga akhirnya Tebet Eco Park ini selalu penuh, bahkan pernah mencapai 60.000 pengunjung sehari, taman ini sempat ditutup sementara.

Ya untuk maintenance dan pengaturan kembali lah ya, pengaturan supaya tertib dan tidak terlalu penuh seperti itu lagi.

Tebet Eco Park baru dibuka lagi sejak 15 Agustus 2022 yang lalu dan sekarang gak bisa lagi yang langsung mendatangi taman ini, melainkan harus mendaftar terlebih dahulu di aplikasi pemerintah Jakarta, Jaki.

Cara Daftar Melalui Jaki

Cara mendaftarnya juga cukup mudah kok. Sebenernya cara ini memang paling aman untuk menekan pengunjung.

Tenang saja, kapasitasnya tetap cukup banyak kok, bisa mencapai 4.000 pengunjung saat weekdays dan 5.000 pengunjung di weekend.

Oh iya, langkah-langkah pendaftaran ke Tebet Eco Park seperti ini ya:

  1. Buka apps Jaki di gadget masing-masing. Kalau belum punya, ya download apps Jaki dulu laah 😀
  2. Scroll sedikit sampai menemukan block khusus berjudul “Ruang Ketiga”. Di sini langsung terlihat juga kok ada tulisan “Tebet Eco Park” dan tombol “Daftar Sekarang”
  3. Klik untuk menyetujui persyaratan yang diajukan, lalu akan muncul form pengunjung.
  4. Masukkan jumlah pengunjung, tanggal kunjungan, serta sesi kunjungan (ada 2 sesi, sesi pagi dan sesi sore).
  5. Masukkan identitas pendaftar utama. Di sini kita harus mengisi lengkap mulai dari nama, umur, email, sampai dengan alamat lengkap.
  6. Masukkan identitas pengunjung lainnya. Iyap, semua pengunjung wajib didaftarkan. Walaupun tidak selengkap pendaftar utama ya. Pengunjung lainnya ini cukup didaftarkan nama dan usianya saja.
  7. Screenshot bukti pendaftaran. Karena nanti QR yang ada di bukti pendaftaran ini yang discan untuk bisa masuk Tebet Eco Park ya.

Selain menekan banyaknya pengunjung, mendaftar dulu seperti ini juga demi kenyamanan bersama yaa. Seperti yang aku bilang tadi, kalau tamannya terlalu penuh, walaupun memang cukup besar, kan tetap gak enak ya untuk pengunjung. Bisa sampai yang berdesakan soalnya.

Kalau mendaftar terlebih dahulu, kan pihak pengurus taman juga jadi bisa mengatur serta tau siapa saja yang akan mendatangi taman itu.

Cara Mendaftar ke Tebet Eco Park

Lokasi

Lokasinya sudah jelas donk ya dari nama tempatnya, Tebet Eco Park, pastinya lokasinya ada di daerah Tebet. Alamat lengkapnya ada di Jl. Tebet Barat Raya, RT.1/RW.10, Tebet Bar., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12820

Jam Operasional

Jam operasional ini sebetulnya dari pagi hingga sore, tapi berhubung sekarang mendaftar lewat Jaki dan kita diharuskan memilih sesi kunjungan, jam operasionalnya dibagi menjadi 2 sesi.

Sesi pertama mulai dari jam 07.00 pagi hingga jam 11.00 pagi.

Sesi kedua muladi dari jam 13.00 siang hingga jam 17.00 sore.

Tebet Eco Park

Nah, gimana kalau kita berkunjung di luar jam kunjungan tersebut? Jawabannya adalah, GAK BOLEH MASUK! hehehe.

Lha wong saat jam sesi habis saja, pengunjung yang di dalam ditegur agar segera keluar kok. Jadi kalau lewat jam tersebut ya memang dilarang masuk deh.

Para security yang bertugas akan menegur setiap orang yang masih ada di dalam taman di saat jam kunjungan sudah habis dan tidak boleh lagi ada yang terlihat di sekitar taman. Ya supaya gak “mengakali” jam kunjungan lah ya. 😀

Fasilitas

Taman Jakarta Vibes Singapura

Itulah yang aku rasakan saat pertama kali menginjakkan kaki di Tebet Eco Park ini. Terlebih lagi saat melintasi infinity bridge-nya, wah langsung inget Gardens by The Bay.

Memang masih jauuh berbeda sih, luasnya juga jauh, tapi ini jadi prestasi banget deh buat pemerintah Jakarta untuk menyediakan ruang terbuka hijau yang sangat luas dan secantik ini.

Tebet Eco Park

Media sosial serta webnya pun dimanage dengan baik sehingga kita bisa mendapat informasi yang lengkap mengenai cara mendaftar, aktivitas yang bisa dilakukan, dan informasi lainnya yang diperlukan, termasuk informasi agar naik kendaraan umum saja untuk bisa ke sini. 🙂

Anw, memang fasilitasnya ada apa saja sih?

Infinity Bridge

Rasa-rasanya ini yang dihighlight dan dijadikan daya tarik utama Tebet Eco Park ya. Selain playgroundnya yang luas sih.

Infinity Bridge Tebet Eco Park

Tapi kalau playground rasanya kan terbatas untuk anak-anak saja, kalau infinity bridge ini kan bisa untuk siapa saja. Bahkan rute jogging track memang melewati infinity bridge ini.

Oiya, kenapa dinamakan infinity brige? Kupikir awalnya karena panjangnya yang memang cukup panjang, tapi ternyata karena kalau dilihat dari atas, jembatan ini berbentuk simbol matematika tak hingga, makanya dinamakan dalam bahasa Inggrisnya, yaitu Infinity Bridge.

Infinity Bridge Tebet Eco Park
Infinity Bridge Tebet Eco Park. Image source: tebetecopark.id

Selain jembatan ini memang fungsional (untuk menyeberang ke sisi lain Tebet Eco Park dan juga sebagai jogging track), jembatan ini juga instagrammable. Jadi memang selain fungsional, jembatan ini juga punya fungsi estetik alias menambah keindahan dari taman itu sendiri.

Menyeberangnya itu betul-betul menyeberangi jalan raya lho ya. Saat melintasi infinity bridge ini, kita bisa melihat mobil-mobil dan motor yang melaju di jalan raya di bawah jembatan ini.

Jelas saja kan kalau infinity bridge ini memang dijadikan daya tarik utama dari Tebet Eco Park sendiri?

Playground Anak yang Luas dan Beragam

Playground Tebet Eco Park

Playground anak ini terdapat di sisi seberang pintu masuk Tebet Eco Park.

Jadi karena sekarang diharuskan mendaftar terlebih dulu itu, pintu masuknya juga jadi terpusat di pintu Utama. Nah, untuk ke playground anak ini, kita diharuskan melewati infinity bridge dulu sampai ke seberang, baru deh kita bisa mendapati “surga”nya anak-anak.

Playground Tebet Eco Park

Kubilang “surga”nya anak-anak karena playgroundnya cukup lengkap, gak hanya untuk toddler atau balita saja, tapi juga untuk anak yang sudah lebih besar.

Bahkan orang dewasa pun sebetulnya bisa ikut bermain untuk menemani anaknya.

Playground Tebet Eco Park
Playground Tebet Eco Park

Playground ini pun terbagi lagi menjadi beberapa section. Ada yang khusus trampolin, ada yang khusus untuk toddler, lalu di sebelah lebih dalam lagi ada beberapa tema playground lainnya.

Playground 2 Tebet Eco Park
Playground 2 Tebet Eco Park

Kalau ke sini, kita betul-betul bisa memanjakan anak dengan aktivitas fisik deh. Tapi hati-hati anak gak mau pulang nanti kalau terlanjur main di sini, ahaha.

Hutan Kota untuk Piknik

Begitu memasuki Tebet Eco Park, begitu jalan ke sebelah kiri lalu masuk lebih dalam, kita akan menemui semacam “hutan”. Betul-betul seperti berada di dalam hutan yang asri, sejuk, serta indah.

Keindahannya bukan hanya bisa memanjakan mata, tapi juga merilekskan pikiran.

Hutan Kota Tebet Eco Park
Hutan Kota Tebet Eco Park

Di area hutan ini terdapat banyak bangku dan meja yang disediakan untuk pengunjung. Ya fungsinya memang untuk menikmati keindahan dan kesegaran hutan yang berada di tengah kota ini sih ya.

Selain itu juga terdapat beberapa ayunan anak, agar anak juga bisa ikut bersantai saat orangtua sedang istirahat. Ini tempat favorit aku juga karena kita bisa sejenak menikmati hidup di antara sibuknya kehidupan yang kita jalani.

Jogging Track

Di sepanjang jalan yang berada di Tebet Eco Park inilah kita bisa gunakan sebagai jogging track, bahkan aku sebut juga tadi kalau infinity bridge juga merupakan bagian dari jogging track. Karena memang kita bisa mengelilingi Tebet Eco Park dan melewati infinity bridge itu dengan jogging.

Cocok sekali untuk kita yang memang suka olahraga. Sambil olahraga sambil menikmati alam sekitar.

Tapi jujur sih, kalau sudah berada di dalam memang tidak terasa kalau kita sebetulnya berada di tengah kota Jakarta yang hiruk pikuk dan serba cepat.

Outdoor Fitness

Outdoor Fitness Tebet Eco Park

Lagi-lagi fasilitas untuk memanjakan yang memang doyan olahraga ya. Selain jogging track, kita juga bisa menikmati beberapa peralatan di area outdoor fitness ini.

Ada beberapa peralatan yang bisa kita pakai sepuasnya. Yaa sepuasnya sih, tapi tetap memikirkan yang lain juga kalau ada yang mau bergantian lah yaa ;D

Toilet dan Tempat Sampah

Nah, menurut aku toiletnya agak kurang. Karena, di area taman yang sebesar itu, toilet hanya tersedia 1, yaitu di bagian “Plaza” di pintu utama.

Berhubung tempatnya memang luas, menurut aku bisa sih disediakan 2 atau 3 toilet di dalam sini. Karena kalau bawa anak, apalagi anak yang masih toilet training, kita akan sedikit kerepotan dan akan berjalan agak lebih jauh untuk bisa sampai ke bagian plaza di depan pintu utama tadi.

Tapi kalau tempat sampah, aku sudah bisa mengacungkan jempol karena salut sih. Soalnya kita bisa menemukan banyak sekali tempat sampah yang tersebar di banyak bagian Tebet Eco Park.

Tempat Sampai Tersedia di Tebet Eco Park

Jadi kayanya gak ada alasan untuk kita tidak membuang sampah di tempatnya donk yya. 🙂

Tempat Parkir

Seperti yang sudah disebutkan di atas agar sebaiknya naik kendaraan umum saja untuk mengunjungi Tebet Eco Park ini. Soalnya memang tidak disediakan lahan parkir khusus bagi yang membawa kendaraan terutama mobil.

Jadi, kalau mau parkir ya harus berjalan agak jauh lagi dari pintu utama Tebet Eco Park. Saran aku sih memang menurunkan penumpang terlebih dahulu ya di pintu utama, baru yang membawa mobil jalan dari tempat parkir yang ditemukan itu ke pintu utama.

Lumayan sih, bisa sekitar 100 atau 200 meter lagi dari tempat parkir sampai ke pintu utama Tebet Eco Park.

Karena pemerintah Jakarta memang ingin menjadikan daerah tersebut sebagai daerah yang rendah emisi, maka dari itu saat weekend, kendaraan pribadi juga dilarang melintas di jalan sekitar Tebet Eco Park ini.

Ah, keren sih ini menurut aku. Meng-encourage orang-orang untuk naik kendaraan umum saja agar jalanan tidak macet.

Kemarin aku ke sana naik mobil karena belum tau kan tentang ini. Untungnya sih bukan saat weekend, jadi masih boleh melintas di jalan depan Tebet Eco Park ini.

Tapii, ya jadinya gak ada tempat parkir donk, ahaha. Akhirnya harus parkir jauh dari pintu utama, hehe. Jadi, kalau mau ke sini, yuk naik angkutan umum saja, tempatnya juga sangat dekat dengan stasiun Tebet loh.

Ah, jadi berharap rumahnya deket dengan Tebet Eco Park ini, supaya bisa ke sini kapanpun, ihihi.

Tebet Eco Park – Connecting People

With Nature

https://tebetecopark.id/
https://www.instagram.com/tebetecopark/

istianasutanti

Ilman Akbar's wife & 3N's mother. (Naia, Nawa, Nara)

I am a full time mother and part time blogger. Love to do traveling with ny family and share it on this blog. Hope you guys enjoying my content and love it if you being inspired with my experience and share your experience with me.

Always want to learn something and be a better person everyday.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.