Review Tempat Wisata

Kuntum Farmfield, Rekreasi Agrowisata yang Seru untuk Anak-anak

Sudah lama sebetulnya aku penasaran sama Kuntum Farmfield ini. Rekreasi Agrowisata yang berada di kota Bogor, namun tidak begitu jauh dari tempat kami tinggal. Katanya sih cocok banget untuk anak-anak.

Nah, tapi saat dulu mau ke sini, aku malah teralihkan dengan yang ada di Depok, yaitu Dkandang. Jadi Dkandang dan Kuntum Farmfield ini memiliki konsep yang mirip, yaitu sama-sama menyajikan rekreasi agrowisata kepada anak-anak.

Jadilah waktu itu aku pergi ke tempat yang lebih dekat dulu ya, hehehe.

Kuntum Farmfield
Kuntum Farmfield

Nah, berhubung kali ini memang mau ke Kuntum dan memuaskan rasa ingin tau sekaligus memberi hiburan ke anak-anak, kali ini kami beneran ke Kuntum Farmfield deh.

Lokasi

Lokasinya berada di kota Bogor dan tidak begitu jauh dari Kebun Raya Bogor. Juga belum terlalu sampai ke arah puncak, jadi masih agak jauh dengan Taman Safari.

Alamat lengkapnya di Jl. Teras Hijau Residence Jl. Raya Tajur No.291, RT.01/RW.01, Sindangrasa, Kec. Bogor Tim., Kota Bogor, Jawa Barat 16145. 

Tempatnya cukup mudah ditemukan dan parkirannya cukup luas dan enak, jadi gak masalah banget untuk membawa kendaraan ke sini ya. Lagipula, Kuntum juga cukup sering dijadikan tempat outing sekolah-sekolah sepertinya, jadi sudah menyediakan tempat parkir yang cukup lega agar bis dari sekolah bisa parkir 🙂

Harga Tiket Masuk

Seperti tempat wisata kebanyakan, harga tiketnya dibedakan untuk weekdays dan weekend.

Untuk weekdays, tiket masuk yang harus dibayarkan adalah 50.000/orang.
Di weekend, harga tiket masuknya menjadi 60.000/orang.

Harga tiket masuk tersebut untuk anak yang berusia 2 tahun ke atas ya. Jadi kalau bawa si adik yang baru 1,5 atau 2 tahun ya masih gratis insyaAllah, hehe. Waktu itu aku pun bawa Nara yang baru berusia 2 tahun, jadi dia pun belum dikenai harga tiket.

Harga yang tertera juga termasuk pakan salah satu ternak yang ada di dalam Kuntum. Bagi yang mau menambah pakan yang lain (mungkin mau menambah makanan kambing, sapi, atau kelinci) harus membayar lagi sekitar 5.000 sampai 10.000 rupiah per pakan.

List Harga Kegiatan Kuntum Farmfield

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Sebetulnya setelah kupikir-pikir lagi, aktivitas yang dilakukan tidak terlalu banyak sih, tapi berhubung tempatnya sangat luas, binatangnya pun jadinya banyak jenisnya, jadi aktivitas memberi makan ternak saja bisa menghabiskan waktu berjam-jam.

Soalnya memang memberi makan ini bukan hanya untuk 1 jenis binatang saja, melainkan beberapa jenis binatang. Jadilah bisa memakan waktu berjam-jam karena setelah memberi makan binatang 1, akan berjalan lagi untuk memberi makan binatang lainnya.

Memberi makan binatang

Memberi Makan Sapi di Kuntum Farmfield

Rasa-rasanya memang ini aktivitas utama yang bisa anak-anak lakukan. Mungkin bagi kita yang dewasa ngasih makan binatang doank apa serunya gitu kan ya, tapi bagi anak-anak, kegiatan ini seru banget dan bermanfaat untuk menumbuhkan fitrah kasih sayangnya terhadap makhluk ciptaan Tuhan yang lain.

Menumbuhkan perasaan “menyayangi” dan merawat binatang lah gitu.

Seperti yang aku bilang juga, karena lahannya luas, jadi jenis binatang ternaknya pun banyak. Mulai dari kelinci, bebek, ayam, kambing, sapi, sampai ikan. Jadi, anak-anak juga akan senang sekali jika di setiap kawasan ternak tertentu mereka memberi makan binatang yang ada.

Memberi Makan Binatang Kuntum Farmfield

Rasa-rasanya dari semua kesempatan memberi makan binatang, gak ada yang gak seru deh buat anak-anak, ahaha. Saat memberi makan sapi ya Nara juga ikutan dan dia sama sekali gak takut Alhamdulillah.

Pun saat memberi susu kepada anak-anak kambing, Nara yang baru berusia 2 tahun pun menikmati itu dan berani untuk membelai kepala anak kambingnya (cembek ya sebutan untuk anak kambing kalau tidak salah?) serta memberi susu kambingnya dengan antusias.

Memberi Minum Susu Kambing di Kuntum Farmfield

Nah, di pintu masuk dan keluar (ini satu jalur sih ya, jadi masuk dan keluar melalui pintu yang sama), terdapat kolam ikan yang cukup luas. Di sini anak-anak juga bisa “nempel” lama karena memang semenarik itu kan ikan tuh buat anak-anak. Apalagi ikan yang berwarna warni seperti yang ada di Kuntum itu.

Kolam Ikan Kuntum Farmfield

Ikan-ikan ini juga tentu bisa dikasih makan ya, dari pilihan pakan ternak yang ada tadi.

Memancing

Bukan memancing keributan ya #eh. Tiket untuk memancing ini sebesar 15.000 rupiah dan mendapat 1 joran umpan.

Karena kami kemarin tidak melakukan ini, jadi aku gak terlalu tau lahan memancing ada di sebelah yang mana. Apalagi lahan Kuntum memang luas banget. Rasanya sudah berjalan jauh, ya ada saja lagi yang bisa kita temui 😀

Baca juga: Trekking Bersama Anak-anak Ke Sentul Yuk!

Oiya, untuk hasil tangkapan ikannya, akan dihargai lagi. Hasil tangkapan ikan ini dihargai 40.000 per kg. Jadi kalau kita berhasil mendapat ikan saat memancing, nanti akan ditimbang dan dihargai sesuai harga tersebut.

Berkuda

Berkuda di Kuntum Farmfield

Kebetulan saat kami ke sana waktu itu, kegiatan berkuda ini baru saja dibuka lagi. Maklum ya, saat pandemi Kuntum ini memang sempat ditutup, jadi beberapa kegiatan juga tidak berjalan.

Untuk melakukan kegiatan berkuda, kita berjalan cukup jauh ke dalam. Nah, kalau di depan belum terpikir mau berkuda gak masalah kok, kita bisa langsung membeli tiket kegiatan ini langsung di area berkuda nya.

Waktu kami ke sanapun begitu. Naia dan Nawa menunggang kuda dan langsung membayar di tempat kuda itu.

Oiya, untuk menunggang kuda ini dihargai sebesar 40.000 untuk 2 putaran ya 🙂

Berkuda di Kuntum Farmfield

Menanam Padi

Nah, kami juga tidak melakukan ini saat ke sana. Sepertinya sih karena berpikir sudah membeli cukup banyak pakan ternak, jadi waktunya akan habis untuk mengelilingi mencari ternaknya itu ya, hehe.

Plus kami bukan yang ambisius mau mengikuti semua aktivitas yang disediakan sih, jadi jalan-jalan santai saja waktu itu.

Maka, kami juga gak terlalu tau kalau mau menanam padi bisa dilakukan di sebelah mana. Untuk tarifnya sih, menanam padi ini bisa 100.000 sendiri.

Baca juga: 9 Jenis Tempat Wisata Untuk Mengisi Liburan Sekolah

Fasilitas Umum (Tempat Makan, Toilet, dan Mushola)

Kuntum Farmfield ini terbagi menjadi 4 area, A, B, C, dan D. Di setiap area terdapat beberapa kandang binatang yang berbeda.

Nah, kantin, toilet, dan mushola tidak berada di semua area. Toilet ada di 3 area, mushola ada di 2 area, dan kantin hanya berada di 1 area.

Di kantin yang disediakan tidak menjual makanan berat ya. Tapi hanya semacam camilan ringan, pop mie, minuman, dan juga es krim.

Entah ya kalau pop mie bisa termasuk makan berat, soalnya anak-anak nih biasanya yang suka banget minta pop mie kalau lagi jalan-jalan gini kan ya, ehehe.

Overall, sebetulnya seperti yang aku bilang yaa, aktivitasnya kebanyakan memang memberi makan ternak, namanya juga rekreasi agrowisata. Tapi betul sangat seru jadinya untuk anak-anak, karena bisa bertemu dengan banyak jenis binatang.

Tempatnya juga seluas itu, jadi lebih baik datang ke sini pagi menjelang siang sih, soalnya jalannya jauh ya say, kalo siang-siang nanti kepanasan xp

Tapi tenang saja ya, walaupun tempatnya memang agak panas, tapi banyak tersedia pendopo-pendopo yang memang dikhususkan untuk kita bisa beristirahat. Jadi karena tempatnya memang sangat luas, maka pendopo ini juga terhitung cukup banyak jadi pengunjung rasanya tidak perlu harus berebutan untuk bisa menikmati pendopo yang ada.

Pendopo Kuntum Farmfield
Pendopo Kuntum Farmfield

Anw, tempatnya juga terbilang cukup “natural” karena memang kesannya kita seperti berada di peternakan yang sangat luas. Memang cocok banget dijadikan kegiatan liburan anak-anak.

Suasana Kuntum Farmfield

Pantas saja lah ya kalau tempat ini juga incaran sekolah untuk outing, kegiatannya bermanfaat dan mengedukasi anak-anak soalnya 🙂

Kuntum Farmfield

https://kuntum.co.id

istianasutanti

Ilman Akbar's wife & 3N's mother. (Naia, Nawa, Nara)

I am a full time mother and part time blogger. Love to do traveling with ny family and share it on this blog. Hope you guys enjoying my content and love it if you being inspired with my experience and share your experience with me.

Always want to learn something and be a better person everyday.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.