Review Hotel

Sekeluarga Dibuat Puas Oleh Sari Ater Hotel & Resort

Kenangan yang paling tidak terlupakan saat aku kecil adalah aku pernah diajak jalan-jalan ke pemandian air panas, namanya Ciater. Setelah nikah, aku pengen banget ke sana lagi bersama keluarga, napak tilas kenangan masa kecil lah gitu ceritanya.

Begitu punya anak tiga, Alhamdulillah akhirnya terlaksana juga. Bahkan kali ini sampai sengaja menginap di Sari Ater Hotel & Resort nya supaya bisa puas mau kapanpun berendam air hangatnya.

Sari Ater Hotel & Resort

Soalnya kalau bukan di waktu waktu tertentu, pemandiannya kan bisa sampai penuh banget yaa, huhuhu. Pernah setelah menikah dan berbulan madu di Bandung (bulan madu bulan maduan sih, wkwkwk), kami ke pemandian Ciater untuk berendam.

Tapi sayang, kami datang di waktu yang kurang tepat, jadinya semua area pemandian penuh dan ya kami gak kebagian berendam air hangat, hiks. Langsung putar balik dan pulang deh. Jadilah saat diajak ke sini sama suami ya aku semangat banget lah, pakai nginep pula ya kan.

Baca juga: Bermain Dengan Rusa di Ranca Upas

Lokasi

Entah kenapa ya aku selalu mikir Sari Ater ini masih daerah Bandung loh, padahal mah udah masuk daerah Subang. Mungkin karena dari kecil juga sudah teringatnya kalau Ciater itu di Bandung kali ya.

Begitu mencoba ke sana lagi, ternyata ya lokasinya di Subang, memang masih sangat dekat bahkan bersebelahan dengan Bandung sih, jadi wajar ya kalau ada orang-orang kayak aku yang engehnya Ciater itu di Bandung.

Anw, alamat lengkap lokasinya ada di Jl. Sari Ater Palasari, Ciater, Kec. Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41281.

Ah, di maps memang tercatatnya sebagai Sari Ater Hotel & Recreation ya, tapi kalau memesan di OTA OTA, yang tercatat adalah nama Sari Ater Hotel & Resort.

Lokasinya sangat dekat dengan Lembang, bahkan hanya sekitar 20 menitan dari Orchid Forest Cikole. Makanya, waktu kami ke Sari Ater Hotel ini memang siangnya mampir ke Orchid Forest Cikole sebelum lanjut pulang ke rumah. 😀

Harga & Fasilitas

Berhubung Sari Ater ini merupakan komplek resort gitu, jadi memang terdapat beberapa jenis kamar ya, mulai dari yang standar kamar hotel sampai yang private villa gitu.

Bangunan Sari Ater Hotel & Resort
Image source: https://sariater-hotel.com/ciater/

Harganya sendiri start dari sekitar 750.000 untuk tipe kamar hotelnya. Sedangkan bungalow atau villa pribadinya harga dimulai dari sekitar 2,5 juta ke atas. Wajar donk karena bungalow dan villa ini kan bisa diisi oleh lebih banyak orang kaan.

Kami sendiri menginap di kamar hotel yang standar saja karena Alhamdulillah masih muat ya, hehehe.

Foto di Kamar Sari Ater Hotel
Mandatory Foto Kalau Menginap di Hotel xp

Tempatnya pun tidak begitu jauh dari pintu masuk pemandian air hangatnya. Sangat mudah dijangkau hanya dengan berjalan kaki, jadi tidak perlu berjalan jauh untuk bisa mencapai pemandian air hangat Ciaternya.

Oiya dengan harga segitu kita sudah bisa mendapat sarapan pula lho. Sarapannya ini di bangunan terpisah dan menyatu dengan kolam air hangat yang menjadi salah satu fasilitas utama Sari Ater Hotel & Resort ini sendiri.

Jadi kalau mau makan atau mandi di kolam yang disediakan harus berjalan agak jauh sedikit.

Restoran dan Kolam Air Hangat Sari Ater Hotel
Restoran dan Kolam Air Hangat Sari Ater Hotel

Selain free breakfast, kita juga mendapat tiket gratis untuk masuk ke pemandian air hangat Ciater. Jadi kita bisa masuk ke area Ciater kapan pun kita mau. Tiket gratis ke Ciater ini lah yang kami incar, ihihi.

Fasilitas lain yang disediakan adalah shuttle car untuk berkeliling area resortnya. Juga ada playground yang cukup luas untuk anak-anak bermain sampai puas.

Playground Anak di Sari Ater Hotel & Resort

Untuk fasilitas kamar, rasanya memenuhi standar fasilitas kamar hotel lainnya sih. Ada air hangat, komplementari minuman (teh, kopi, dan gula), Wifi, air mineral, dan sandal.

Aktivitas Yang Bisa Dilakukan

Jujur sih, tadinya kan kami menginap di Sari Ater Hotel ini untuk mengincar supaya punya keleluasaan untuk menikmati pemandian air panas Ciaternya ya. Tapi ternyata aktivitas yang mereka sediakan pun banyak dan beragam.

Baca juga: Itinerary Singapura Bersama Bayi dan Balita

Aku dan anak-anak serta suami jadi sangat antusias dengan beragam aktivitas yang ada. Jadi walaupun menginap hanya 2 hari 1 malam, kami puas menikmati segala aktivitas yang bisa dilakukan, mulai dari berendam air hangat, sampai kegiatan off road.

Berendam Air Hangat

Berendam Air Hangat di Ciater

Of course donk ini harus ada, namanya juga di Ciater, yang justru memang terkenal dengan pemandian air hangatnya. Jadi ya pastinya kegiatan ini yang paling diincar oleh para pengunjung hotel.

Kami sendiri juga begitu kan, hehe.

Nah tapi kalau mau memesan tempat berendam tertutup di Ciater harus mengeluarkan biaya tambahan ya. Berhubung waktu kami ke sana memang tempatnya masih cukup sepi, jadi gak perlu menyewa bilik privat gitu deh, hehe.

Ternyata juga tersedia tempat yang memang khusus untuk para pengunjung/ tamu hotel Sari Ater di area pemandian air hangat Ciater. Tempatnya ini juga tidak terlalu jauh dari pintu masuk pemandian. Jadi, kami berendam di kolam air hangat yang disediakan itu.

Kolam Pemandian Air Panas di Ciater

Anw, berendam air hangat ini pun tidak hanya bisa dilakukan di pemandian air panas Ciaternya, tapi juga di kolam renang hotelnya.

Seperti yang sudah aku bilang ya, Sari Ater Hotel ini menyediakan kolam air hangat sendiri untuk para pengunjungnya, yang berada di area restoran, namanya Nangka. Jadi kita bisa memilih deh mau berendam di mana.

Kolam Nangka Sari Ater Hotel & Resort
Kolam Nangka Sari Ater Hotel & Resort

Kami sendiri menikmati kedua tempat itu sih. Sore hari papanya dan anak-anak berendam di kolam air hangat hotel, paginya aku dan anak-anak di kolam pemandian air hangat Ciater.

Kami belum bisa berendam bareng karena waktu itu Nara masih bayik, ahaha. Jadi aku dan suami harus bergantian menjaga Nara 😀

Oiya, tersedia juga kursi pijat lho di area kolam yang menyatu dengan restoran tadi. Kursi pijat ini juga tidak hanya 1, melainkan ada beberapa sehingga bisa dinikmati oleh beberapa orang sekaligus.

Kursi Pijat Sari Ater Hotel & Resort

Kalau tidak salah, kita cukup membayar sekitar 20ribu saja untuk 10 menit pijatan deh. Asik banget ya sebelum berendam air hangat, badan dipijat terlebih dahulu 😉

Berkeliling dengan Shuttle Car

Termasuk salah satu fasilitas yang sudah aku sebut di atas. Shuttle car ini bebas dinaiki oleh pengunjung hotel & resort dan akan mengantar kita berkeliling area resort. Berkelilingnya betul berkeliling ke SEMUA area nya lho ya.

Shuttle Car Sari Ater Hotel

Jadi kita akan diajak berkeliling melihat bungalow, villa, playground, area berkuda, serta area off road dan area lain yang ternyata sungguh sangat luas. Anak-anak suka sekali dengan kegiatan ini.

Bermain (dan Berfoto) di Playground.

Dengan berkeliling inilah kami jadi tau di sana menyediakan kegiatan apa saja. Anak-anak juga jadi melihat ada playground yang cukup besar yang letaknya persis di depan restoran dan kolam air hangat.

Jadilah kami puaskan rasa ingin bermainnya juga dengan bermain di playground ini. Sekalian foto-foto juga gitu, karena memang banyak spot foto yang tersedia sih *alesan xp

Playground Sari Ater

Naik Kuda

Nah, awalnya kami gak tau kalau ada kegiatan ini. Saat berkeliling menggunakan shuttle car tadi, anak-anak melihat beberapa kuda, dan ternyata memang untuk dinaiki oleh anak-anak.

Aku lupa sih berapa tarifnya, sekitar 40 ribu kali ya untuk 1 kali putaran. Tapi aku gak tau naik kuda ini mengelilingi area mana saja, karena yang naik anak-anak dan papanya, aku jaga si bayik, hehe.

Naik Kuda di Sari Ater Hotel & Resort

Naik kuda ini dilakukan setelah puas berendam dan setelah sarapan di restorannya sih kalau tidak salah. Soalnya kami memang sengaja memutuskan berendam di pemandian air hangat Ciaternya dari pagi, ya supaya belum terlalu ramai gitu.

Off Road

Setelah sarapan dan berkuda sebentar, tadinya kami mau langsung istirahat di kamar hotel. Tapi ternyata suami melihat kayanya dia punya kesempatan untuk mengikuti aktivitas off roadnya, jadilah kukasih kesempatan ya.

Aku jadinya sama anak-anak saja, dia off road sendirian deh. Memanjakan suami sebelum menyetir pulang lagi ya kan, ahaha.

Off Road di Sari Ater Hotel & Resort

Ternyata bukan hanya menyenangkan anak-anak yang bikin kita puas ya, menyenangkan suami dengan membiarkan dia menikmati kesukaannya pun bikin kita senang.

Apalagi setelah off road ini, dia cerita keseruannya dan terpancar juga dari wajahnya kalau dia sangat senang sudah berkesempatan mengendarai kendaraan off road itu.

Petik Strawberry

Sambil suami off road, aku mempersilakan anak-anak untuk petik strawberry. Tempat petik Strawberry nya ini ternyata tidak jauh-jauh dari hotel, langsung di seberang lobi kita bisa melihat pintu masuk ke kebun Strawberry yang ada.

Kebun Strawberry Sari Ater Hotel

Makanya, bisa deh dilakukan sambil menunggu suami selesai off road. Kalaupun ternyata suami lebih lama, aku dan anak-anak jadi tidak perlu jalan terlalu jauh juga untuk bisa kembali ke kamar hotel duluan.

Strawberry-nya bagus-bagus banget. Sudah ranum dan memiliki warna merah yang cantik. Puas sekali rasanya bisa memetik Strawberry langsung dari kebunnya seperti ini.

Petik Strawberry di Sari Ater

Setelah dipetik, Strawberry-nya ditimbang lagi dan dibayar per kg ya, kalau tidak salah harganya 35.000 per kg deh. Setelah itu kita juga bisa langsung minta dibuatkan jus oleh penjaganya, langsung bisa menikmati minuman segar yang sehat deh 😀

Dengan banyaknya aktivitas yang disediakan oleh Sari Ater Hotel & Recreation ini, jadinya kami tidak terlalu meng-explore pemandian air panas Ciater, jadi ya hanya berendam di tempat yang terdekat dan begitu puas langsung balik lagi ke hotelnya.

Walaupun tidak berkeliling secara menyeluruh di pemandian air panas Ciaternya, kami tetap sangat terpuaskan. Baik dengan fasilitasnya, pun dengan lengkapnya aktivitas yang bisa dilakukan untuk seluruh keluarga. Jadinya semua puas deh.

Sari Ater Hotel & Resort

Istri puas berendam air hangat, anak-anak puas petik strawberry dan berkuda, suami puas akhirnya bisa Off Road. Alhamdulillah semua bisa menikmati wisata ke Sari Ater ini ya 😀

istianasutanti

Ilman Akbar's wife & 3N's mother. (Naia, Nawa, Nara)

I am a full time mother and part time blogger. Love to do traveling with ny family and share it on this blog. Hope you guys enjoying my content and love it if you being inspired with my experience and share your experience with me.

Always want to learn something and be a better person everyday.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.