Review Hotel

Grand Diara, Hotel Sebelah The Ranch Puncak Yang Oke Banget!

Jumat pagi saat menjemput anak pulang sekolah, aku iseng mengajak suami untuk menginap di Grand Diara Puncak. Berhubung kami pernah ke sana dan memang punya pengalaman yang cukup menyenangkan ya.

Ditambah suami memang mengajak untuk bepergian di weekend ini tapi masih bingung mau ke mana, jadilah aku mengusulkan ide itu.

Nah, karena aku gak mau terlalu capek karena hari Seninnya sudah harus mengurus anak sekolah lagi, jadi aku mengusulkan untuk berangkat hari itu juga, hari Jumat di sore hari setelah semua anak pulang sekolah.

Usulan tersebut supaya kami bisa pulang hari Sabtu dan hari Minggu bisa seharian di rumah lagi. Supaya tetap bisa menikmati hari libur di rumah, santai-santai lah gitu.

Foto di Chincilla Sky Grand Diara

Keputusan Agak Impulsif

Ternyataaa, suami memberi lampu hijau donk. Sempat berpikir sebentar sih, tapi dia lalu langsung bergerak cepat membooking hotelnya saat itu juga setelah aku meyakinkan aku sanggup packing dengan cepat juga, ihihi.

Keputusan yang agak impulsif sih ya, ahaha

Baca juga: Hotel-hotel Puncak yang Ramah Anak
Lobi Hotel Grand Diara

Alhamdulillah sih aku memang menabung dana liburan sedikit demi sedikit ya, jadi memang sudah terkumpul dan kami jadi bisa booking hotelnya secara impulsif seperti itu.

Anw, saat itu memang lagi promo juga sih, jadi pas deh, ahaha.

Benar saja, sore harinya berangkat deh kami ke Grand Diara Hotel, hotel Puncak yang ramah anak dan makanannya enak. 😀

Lokasi di Sebelah The Ranch Puncak

Nah ini salah satu alasan aku mengajak ke Grand Diara sih, soalnya keesokan harinya kami bisa mengajak anak-anak ke The Ranch Puncak.

Beberapa tahun lalu saat ke hotel ini, aku sempat melihat The Ranch Puncak sedang dalam pembangunan soalnya, jadinya kan penasaran tempatnya seperti apa ya.

The Ranch Puncak dari Grand Diara
The Ranch Puncak

Sekarang The Ranch ini malah jadi cukup dikenal donk. Maklum ya, The Ranch Puncak sudah menjadi tempat wisata alternatif di sekitar Puncak yang cocok untuk anak-anak.

Selain itu, dia memang mengusung konsep yang sama dengan De Ranch yang ada di Bandung sana. Bahkan yang punya memang sama!

So, untuk mencari hotel ini memang tidak sulit. Letaknya persis sebelum The Ranch Puncak dan berada di sebelah kanan kalau dari arah Jakarta.

Alamat lengkapnya berada di Jl. Raya Puncak Gadog No.Km. 77 No. 7, Leuwimalang, Kec. Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16750.

Fasilitas Kamar

Kami memesan kamar tipe suite, yang memiliki 1 kamar dan 2 kamar mandi. Supaya ada tambahan tempat tidur ya bun untuk suami, yaitu di sofa di ruang terpisah.

Suite Room Hotel Grand Diara Puncak

Kamar tipe suite ini juga memiliki 2 kamar mandi. Tapi yang satu terhitung toilet saja sih, karena tidak bisa dipakai untuk mandi. Kalau aku list, fasilitas lainnya ada:

  1. Air hangat
  2. Wi-fi
  3. Kitchen bar (kopi, teh, dan gula)
  4. Air komplementari hotel (2 botol)
  5. Hair dryer
  6. In room breakfast
  7. Sandal 2 pasang

Kamarnya lumayan lega sih dan ada balkon sedikit tapi gak bisa untuk bersantai gitu ya balkonnya. Tempat tidurnya tipe Queen, jadi lumayan lega, cukup untuk tidur aku dan 3 anak, hehe.

Oiya, di beberapa kamar Grand Diara ini juga terdapat connecting roomnya. Jadi, kalau mau menginap sekeluarga tapi tetap mau ada privacy, bisa deh pesan 2 kamar terpisah yang dilengkapi dengan connecting room, jadi tetap bisa berkumpul dan berinteraksi tanpa harus repot keluar masuk kamar.

Fasilitas Hotel

Grand Diara Puncak

Menurut aku, fasilitas Grand Diara ini termasuk lengkap sih. Plus ramah anak juga, karena playground saja disediakan di 2 tempat, indoor dan outdoor. Anak-anak bisa puas banget main kalau kita menginap di hotel ini.

Terlebih lagi, makanannya juga enak-enak, jadi makin bikin kami menjadikan ini salah satu hotel favorit yang pernah kami datangi.

Aku bahas satu per satu fasilitas yang disediakan yaa.

Kolam Renang

Kolam renang tuh kayanya jadi mandatory gitu gak sih kalau mengajak anak-anak liburan? Ahaha. Anak-anak memang paling suka kan kalau bermain di kolam renang (bermain air leih tepatnya).

Kolam Renang Hotel Grand Diara Puncak

Kolamnya termasuk kecil dan sederhana menurut aku. Hanya terdapat 2 jenis kolam. Yang satu untuk anak-anak dengan ketinggian yang cukup rendah, yang satu lagi untuk orang dewasa dengan ketinggian 1,2 meter.

Di kolam anak-anak, terdapat pancuran air berbentuk seperti payung. Pancuran ini tidak sepanjang hari dinyalakan. Sepertinya saat kolam mulai ramai pancuran ini baru dinyalakan ya. Soalnya, setelah beberapa keluarga terlihat berenang di sini, pancuran ini baru mulai menyala, awalnya ya seperti payung biasa saja.

Kolam Renang Hotel Grand Diara

Berhubung kami ke sini saat cuaca sedang tidak menentu dan sesekali hujan, jadilah air di kolam renangnya terasa sangat dingin.

Udahlah Puncak itu memang hawanya dingin, air kolam renangnya dingin pula, jadi anak-anak gak kuat berlama-lama main di kolam renang sini sih, ahaha.

Oiya, di sekitar kolam ini, Grand Diara menyiapkan sebuah food stall gitu untuk para pengunjung yang ingin ngemil atau makan di sekitar kolam.

Food Stall Grand Diara Hotel

Kalau hotel lainnya, biasanya memang ada cafe gitu kan ya di area kolam renang. Nah, Grand Diara tidak memiliki layanan tersebut, makanya pakai food stall dengan meja sederhana seperti itu 🙂

Playground

Ini dia yang aku bilang dan mendukung hotel ini disebut sebagai hotel yang ramah anak. Karena playgroundnya ini cukup luas walaupun di area terbatas.

Indoor Playground Hotel Grand Diara Puncak

Letaknya pun sangat terlihat dan terjangkau oleh mata. Kalau dari lobi, playground indoor nya ada di sebelah ujung kiri, dengan bagian atas adalah gym.

Nah, playground outdoor terletak di seberang pintu masuk, di halaman belakang hotel dan menyatu dengan kolam renang. Jadi, aktivitas fisik bisa dibilang disatukan di halaman belakang hotel ini ya.

Playground Outdoor Grand Diara Hotel

Soalnya selain playground dan kolam renang, terdapat lapangan basket kecil serta beberapa alat olahraga juga. Jadi seluruh keluarga bisa berkumpul di halaman belakang hotel dan bisa melakukan kegiatannya masing-masing.

Gym dan Aktivitas Lain di Grand Diara

Gym

Sudah aku sebut sedikit di atas, kalau gym ini terletak di bagian atas playground bagian indoor. Di luar, di halaman belakang hotel juga disediakan beberapa alat olahraga lainnya.

Lumayan lah untuk bisa tetap melakukan olahraga sambil menemani anak main ya kan 😀

Oiya, di bagian outdoor, seperti yang sudah aku jelaskan di atas. Di bagian belakang hotel Grand Diara ini memang difungsikan sebagai “pusat aktivitas” dari hotel ini. Ya ada kolam renang, ada playground, ada gym, dan ada lapangan basket mini.

Kolam Renang dan Playground Grand Diara Hotel

Restoran Chincilla Sky

Chincilla Sky Grand Diara Hotel

Nama restorannya mengandung “sky” karena terletak di bagian paling atas gedung hotel Grand Diara. Jadi restorannya memang mengusung tema sky dining gitu ya. Dari atas sini, kita bisa melihat 4 sisi hotel Grand Diara, termasuk salah satunya ya The Ranch Puncak yang aku bahas dari tadi 😀

Makanan di restoran inilah yang jadi salah satu alasan terkuat kami ingin staycation lagi di hotel ini.

Soalnya rasanya memang seenak itu, porsinya juga pas, dan harganya terjangkau. Beda dengan harga hotel bintang 4 lainnya, terlebih lagi hotel di sekitaran Jakarta, yang bisa mencapai 2 kali lipat harga makanan di Chincilla Sky ini.

Harga Makanan Grand Diara Hotel

Untuk sarapan pun, berhubung kami hanya mendapat 2 porsi sarapan, jadi harus menambah 2 lagi donk untuk anak-anak. Nah, 1 anaknya hanya dikenakan harga 50.000 rupiah saja. Masih terjangkau kaan? 😀

Oiya, menu dan variasi makanannya pun cukup beragam. Apalagi saat sarapan ya. Dari mulai makanan yang sangat kita kenal seperti bakso, bubur ayam, nasi gudeg, sereal, roti, telur omelette, nasi goreng, prasmanan, pasta, bahkan jajanan pasar tradisional pun ada.

Ada juga satu menu yang membuat kami penasaran dengan rasanya, yaitu es krim goreng. Karena harganya hanya 25.000, kami dengan antusias mencoba donk.

Soalnya aku penasaran dan memang ingin lagi merasakan rasanya es krim goreng. Karena yang aku liat sekarang memang sudah jarang kan yang menyediakan menu es krim goreng seperti itu, jadilah tanpa pikir panjang ya kucoba.

Es Krim Goreng Hotel Grand Diara

Sayangnya menu ini bukan favorit kami sih ternyata, ahaha. XD

Tapi overall, makanannya memang enak-enak dan porsinya cukup banyak. Maksudku, dengan harga yang ditawarkan, porsinya tuh melebihi ekspektasi sih.

Pilihan Oke Untuk Staycation

Menurut aku, yang sudah 2x merasakan pengalaman menginap di sini, hotel Grand Diara ini cukup oke untuk staycation atau liburan di daerah Puncak.

Letaknya strategis (persis di pinggir jalan plus di sebelah The Ranch Puncak), rate-nya terjangkau, fasilitasnya oke, ramah anak, dan pelayanan serta makanannya sangat memuaskan. So, rasanya hotel Grand Diara ini cukup bisa dijadikan andalan untuk jadi hotel pilihan saat ke daerah Puncak sih 🙂

istianasutanti

Ilman Akbar's wife & 3N's mother. (Naia, Nawa, Nara)

I am a full time mother and part time blogger. Love to do traveling with ny family and share it on this blog. Hope you guys enjoying my content and love it if you being inspired with my experience and share your experience with me.

Always want to learn something and be a better person everyday.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.