Momopururu » Blog Archives

Author Archives: istianasutanti

About istianasutanti

Ilman Akbar's wife & Naia's mother. Web developer, blogger, enterpreneur wanna be, great wife and a great mom wanna be. Always want to learn something and be a better person everyday.

STIFIn Melejitkan Potensi Dan Membuka Peluang Usaha

Jadi tuh, udah sering banget saya membaca status teman di Facebook yang menyebut nyebut tentang tipe thinking, tipe sensing, dan tipe feeling. Awalnya saya gak tau itu apaan. Tapi setelah beberapa kali melihat, baru engeh kalau ternyata itu dinamakan STIFIn. Lalu jadi penasaran deh apa sebenernya STIFIn itu dan apa manfaatnya kalau mengetahui tipe-tipe kepribadian kita.

Lha Alhamdulillahnya, bulan lalu tanggal 18 November 2019 saya berkesempatan untuk ikutan tes STIFIn ini. Ternyata tesnya gak yang gimana gimana dan butuh persiapan ini itu. Ya sidik jari kita aja di scan satu persatu sampai ke 10-10nya. Nah, dari sidik jari itu deh baru diperhitungkan hasilnya. Apa sebetulnya “mesin kecerdasan” yang ada di diri kita.

Continue reading Published by:

Itinerary Singapura Bersama Bayi dan Balita

Yeay, liburan akhir tahun yang belum akhir akhir banget terlaksanaa 😀 Liburan jauh pertama berlima nih kami nih, hehe. Nara bayi bayi udah diajak jalan jauh ya kan xp. Eh, tapi gak jauh beda sih sama Nawa. Dulu Nawa juga di umur hampir 6 bulan kami jalan ke Belitung bareng temen2 kuliah. Jadii, karena punya pengalaman bawa bayi naik pesawat, cuss deh kita ngajak Nara ke Singapura.

Baca juga: Naik Pesawat Bersama Bayi

Tadinya sih ngincer bulan Desember pas Naia libur sekolah, tapi kok ya kalau bulan Desember itu Nara udah mulai MPASI yaa, jadi bakal repot bawa2 MPASI dan nyiap2innya. Yaudah deh, maju sebulan deh jadi bulan November, mumpung bayi masih ASI aja, jadi lebih gampang di jalannya. Kalau bayi mulai ngek, tinggal masukin ASI deh, hehehe.

Continue reading Published by:

Frozen 2 Sudah Tayaang. Gimana Keseruannya?

Kid's Activity Pribadi Review

Saya seneeenng banget dan menanti-nanti banget film Frozen 2 ini. Jadi, begitu filmnya udah tayang, dan kebetulan tanggal 23nya itu hari Sabtu, berangkatlah saya sama Naia Nawa untuk nonton. Si bayik dititip papanya di rumah, ihihi. Hitung2 lepas sebentar dari bayi dan ngajak anak2 nonton film favorit mereka lah ya, ehehe.

Tadinya sih mau nonton rame2. Tapi saya dan Ilman masih gk suka dengan ide bayi dibawa ke bioskop, hee. Masih terlalu kenceng lah ya audio nya. Untuk yang mau bawa bayi, silakan aja sih, sedia earmuff aja untuk bayinya & dibikin capek lebih dulu supaya tidur sepanjang film 😁

Continue reading Published by:

12+ Tempat Liburan Anak Yang Seru Di Jakarta

Ini sebetulnya pengalaman kami (saya dan anak-anak) waktu Naia liburan sekolah di bulan Juni-Juli 2018, sebelum dia resmi jadi anak SD, hehehe. Lumayan lama ya tapi baru disempatkan untuk ditulis XD

Waktu itu saya ngelist tempat-tempat yang kayaknya asik buat anak-anak. Begitu listnya jadi, satu per satu mulai dilaksanakan deh. Terus mau ditulis di blog begitu liburannya selesai, ditambah beberapa tempat yang seru lagi yang sudah ataupun akan dikunjungi. Tapi tulisannya malah gak kelar-kelar xp. Jadinya ya tulis sekarang lah, lumayan, siapa tau jadi inspirasi buat yang bingung ngisi liburan nanti ya kan, hehe.

Continue reading Published by:

Melibatkan Anak Saat Belanja Bulanan

Keluarga Kid's Activity Pribadi

2 minggu yang lalu, saya menchallenge diri sendiri untuk belanja bulanan tanpa suami dan dengan bawa anak 3, haha. Karena kayaknya bakal rempong, dan anak2 nanti juga bosen karena kegiatannya cuma belanja, saya iseng-iseng nyiapin list belanja bulanan yang dikasih gambar untuk nantinya di print supaya bisa dipegang anak-anak.

Tujuannya supaya anak jadi punya kegiatan bermakna saat kita belanja bulanan. Anak-anak tuh kan emang sebetulnya selalu mencari kegiatan yang bermakna dan senaang sekali untuk berdaya ya kan, makanya saya “berdayakan” saja mereka xp. Jadi, biar mereka aja yang nyari barang yang akan dibeli. Saya tinggal bilang di situ atau bantu2 kalau mereka susah mengambil barang yang dimaksud.

Continue reading Published by:

Anak Berantem Harus Bagaimana?

Parenting Pribadi

Buat yang anaknya lebih dari 1 tuh, ini pemandangan sehari-hari banget ya gak? Hehehe. Anak berantem entah karena apa. Bisa rebutan makanan lah, rebutan mainan lah, atau rebutan siapa yang lebih dulu ngapa-ngapain. Bener gak? Bener gak? haha

Kalau saya, biasanya tunggu sampai mereka nemu penyelesaiannya dulu. Berantem berantem deh, teriak-teriak ya teriak teriak deh, tapi kalau akhirnya mereka nemu solusi untuk mereka berdua yaudah. Yang gawat, kalau sampe pukul-pukulan.

Nah, biasanya kalau salah satu udah keliatan mau mukul gitu, saya baru “terlibat”. Berhubung udah sering denger juga kalau anak-anak berantem gitu bisa punya efek bagus karena dengan berantem itu mereka bisa belajar menyelesaikan konflik, jadi terlibatnya saya juga bukan yang langsung menyelesaikan masalahnya.

Continue reading Published by:
%d bloggers like this: