Belajar Membaca Usia Dini

Belajar Baca Tulis sejak dalam Kandungan

Huwow banget gak tuh? hahaha

Orang-orang bilang mah anak gak boleh belajar baca tulis dulu sebelum usianya matang. Tapii, buat aku, hal ini gak sepenuhnya benar.

Iya, gak boleh belajar baca tulis dengan memaksa dan malah bikin anak tertekan. Iya, gak boleh belajar baca tulis dengan langsung memberi mereka worksheet yang banyak dan latihan menulis yang terus menerus.

Continue reading “Belajar Baca Tulis sejak dalam Kandungan”

Kelas Coding for Kids di Educourse

Jadi nih selama liburan sekolah kemarin daripada gak tau mau ngapain sama anak-anak, terutama anak yang pertama nih biar gak bosen itu itu aja terus yang dikerjain di rumah, aku iseng memasukkan dia ke kursus coding. Hitung-hitung mengasah kemampuan berpikirnya serta meningkatkan kreativitasnya ya kan. Terutama sih mengisi waktu liburan yang di rumah aja.

Sekarang sudah hampir 2 bulan nih Naia belajar coding di Educourse. Dari pertama tau ada kelas coding gini, aku udah mengira Naia bakal suka, karena dia selalu tertarik untuk membuat sesuatu, apalagi sesuatunya itu juga bikin penasaran. Apalagi dia pernah bikin gambar yang menunjukkan sedikit konsep pemrograman gitu, gambar semacam konsep rekursif gitu lah.

Continue reading “Kelas Coding for Kids di Educourse”

Melirik Ruangbelajar untuk Membantu Anak Sekolah dari Rumah

Salah satu hal yang masih harus banyak diperbaiki dari aku sebagai ibu adalah bikin anak belajar dengan sendirinya. Alhamdulillah sih ini Naia, anak pertama aku suka bebikinan, jadi dia suka bikin komik, bikin kerajinan tangan, dan hal kreativitas lainnya.

Nah, tapi di semester lalu, aku yang kesulitan untuk mengimbangi dengan pelajaran di sekolahnya. Entah terlalu capek atau memang sudah lelah ya dengan pandemi ini, jadi ada beberapa tugas yang terbengkalai. Sulitnya lebih ke segi waktu untuk nemenin anak belajar.

Alhamdulillah sih Naia tetap naik kelas. Tapi kan gak bisa gitu terus yaa, gak bisa nih aku kecapean terus dan tugas anak jadi terbengkalai gitu.

Akhirnya aku jadi kepikiran sendiri, kok kayanya emang butuh bantuan ya ini ya. Apalagi sekarang udah mau mulai tahun ajaran baru juga. Mulai menimbang nimbang dan punya beberapa pilihan untuk bantuan dalam hal belajar ini, salah satunya mulai ngelirik Ruangbelajar by Ruangguru juga.

Continue reading “Melirik Ruangbelajar untuk Membantu Anak Sekolah dari Rumah”

Sabarnya Anak vs Sabarnya Orangtua

Anak sabar tantrum sampai meraung-raung berjam-jam demi keinginannya dipenuhi.
Orangtua sabar untuk tetap berlaku lembut demi mengajarkan ke anak cara meminta yang baik serta demi tegas menjalankan aturan yang telah disepakati.

Baru engeh istilah “sabar tantrum” karena beneran ya anak itu kalau nangis atau tantrum yang emang strategi tuh kuat banget berjam-jam. Beneran akhirnya bisa menguji kesabaran juga. Tapi ya itulah namanya aja “menguji”, maka ya ujian buat kita untuk bisa sabar atau enggak? Untuk bisa tenang atau enggak.

Continue reading “Sabarnya Anak vs Sabarnya Orangtua”

Angpau Lebaran Menjadikan Anak Bermental Minta-minta?

Waktu kecil dulu, yang bikin aku seneng banget banget saat hari lebaran salah satunya karena kemungkinan besar bisa dapet amplop lebaran dari banyak orang yang ditemui, ahaha. Rasanya tuh seru & seneng banget saat dikasih uang & bisa dapet “THR” tiap tahun gini. Lumayan bisa disimpen atau untuk beli yang kita pengeniin banget.

Setelah sholat Ied dan sungkeman, biasanya anak-anak satu lingkungan rumah tuh pada nyamperin untuk ngajak keliling ke tetangga-tetangga untuk berburu uang angpau ini. Walaupun judulnya “berburu”, sesungguhnya buat kami itu seru bukan main. Karena bisa rame-rame mengunjungi rumah siapa saja di satu RT itu, bahkan akhirnya tau mana rumahnya siapa dan bagaimana bentuk rumahnya. Karena sehari-hari biasanya cuma ketemu di lapangan aja ya kan, jadi ya kami ke rumahnya itu setahun sekali itu juga. (((lapangaaann))), dulu mah masih banyak lapangan yhaa.

Nah, seperti yang aku bilang, meskipun judulnya berburu, buat kami saat itu justru lebih ke main sama-sama. Seru-seruan bareng. Ngerasain kue lebaran yang beragam, plus mengantongi permen dari tiap rumah xp

Continue reading “Angpau Lebaran Menjadikan Anak Bermental Minta-minta?”

The Power of Briefing

Bulan lalu Nara imunisasi dan untuk pertama kalinya lagi kami ke Rumah Sakit. Nah, berhubung Nara selama ini juarang banget ketemu orang ya kan (pandemi bikin anaknya juarang keluar rumah dan ketemu orang ya sis), jadi aku pikir aku harus menyiapkan dia sebelum dia menghadapi dokter dan diimunisasi, which is semuanya akan terasa baru kan ya buat dia. Lha wong terakhir ke dokter tuh ya sebelum dia bisa jalan dan sebelum dia umur 1 tahun. Jadi yah gitu lah ya.

Lalu ya aku briefing deh dia sebelum berangkat.

Jadi, saat masuk mobil, aku udah bilang sama Nara. Dek, kita ini naik mobil mau ke dokter, nanti Nara diimunisasi loh, dan mungkin akan disuntik. Kayak gini nih disuntiknya, cuuss (sambil ngarahin jari ke tangan atau paha dan sambil bercanda). Disuntik itu mungkin akan sakit dan bikin gak nyaman sih, tapi nanti mama ada terus kok inshaAllah sama Nara, nanti mama pegangin Naranya. Gapapa yaa *sambil senyum dan masih bercanda suntik suntik pakai tangan.

Continue reading “The Power of Briefing”