Kelas Coding for Kids di Educourse

Jadi nih selama liburan sekolah kemarin daripada gak tau mau ngapain sama anak-anak, terutama anak yang pertama nih biar gak bosen itu itu aja terus yang dikerjain di rumah, aku iseng memasukkan dia ke kursus coding. Hitung-hitung mengasah kemampuan berpikirnya serta meningkatkan kreativitasnya ya kan. Terutama sih mengisi waktu liburan yang di rumah aja.

Sekarang sudah hampir 2 bulan nih Naia belajar coding di Educourse. Dari pertama tau ada kelas coding gini, aku udah mengira Naia bakal suka, karena dia selalu tertarik untuk membuat sesuatu, apalagi sesuatunya itu juga bikin penasaran. Apalagi dia pernah bikin gambar yang menunjukkan sedikit konsep pemrograman gitu, gambar semacam konsep rekursif gitu lah.

Continue reading “Kelas Coding for Kids di Educourse”

Melirik Ruangbelajar untuk Membantu Anak Sekolah dari Rumah

Salah satu hal yang masih harus banyak diperbaiki dari aku sebagai ibu adalah bikin anak belajar dengan sendirinya. Alhamdulillah sih ini Naia, anak pertama aku suka bebikinan, jadi dia suka bikin komik, bikin kerajinan tangan, dan hal kreativitas lainnya.

Nah, tapi di semester lalu, aku yang kesulitan untuk mengimbangi dengan pelajaran di sekolahnya. Entah terlalu capek atau memang sudah lelah ya dengan pandemi ini, jadi ada beberapa tugas yang terbengkalai. Sulitnya lebih ke segi waktu untuk nemenin anak belajar.

Alhamdulillah sih Naia tetap naik kelas. Tapi kan gak bisa gitu terus yaa, gak bisa nih aku kecapean terus dan tugas anak jadi terbengkalai gitu.

Akhirnya aku jadi kepikiran sendiri, kok kayanya emang butuh bantuan ya ini ya. Apalagi sekarang udah mau mulai tahun ajaran baru juga. Mulai menimbang nimbang dan punya beberapa pilihan untuk bantuan dalam hal belajar ini, salah satunya mulai ngelirik Ruangbelajar by Ruangguru juga.

Continue reading “Melirik Ruangbelajar untuk Membantu Anak Sekolah dari Rumah”

Frozen 2 Sudah Tayaang. Gimana Keseruannya?

Saya seneeenng banget dan menanti-nanti banget film Frozen 2 ini. Jadi, begitu filmnya udah tayang, dan kebetulan tanggal 23nya itu hari Sabtu, berangkatlah saya sama Naia Nawa untuk nonton. Si bayik dititip papanya di rumah, ihihi. Hitung2 lepas sebentar dari bayi dan ngajak anak2 nonton film favorit mereka lah ya, ehehe.

Tadinya sih mau nonton rame2. Tapi saya dan Ilman masih gk suka dengan ide bayi dibawa ke bioskop, hee. Masih terlalu kenceng lah ya audio nya. Untuk yang mau bawa bayi, silakan aja sih, sedia earmuff aja untuk bayinya & dibikin capek lebih dulu supaya tidur sepanjang film ūüėĀ

Continue reading “Frozen 2 Sudah Tayaang. Gimana Keseruannya?”

Puaskan Eksplorasi Anak dengan Berkata Iya Boleh

Sejak punya anak, saya belajar untuk mengurangi larangan-larangan saat mereka sedang bermain. Karena sepemahaman saya, larangan-larangan itu bisa mematikan rasa ingin tau anak dan membuat mereka tidak percaya diri serta membuat mereka takut untuk melakukan eksplorasi. Padahal eksplorasi yang dilakukan anak-anak itu mempengaruhi tumbuh kembang mereka.

Makanya, dari kecil Naia itu jarang saya larang dalam hal apapun. Sampai¬†dia sempet selalu menangis setiap kali orang lain bilang “jangan”. Soalnya kalau di rumah¬†ya saya selalu bilang “iya boleh” atau “yaudah” sambil ditemenin dan diawasi oleh saya atau saya beri perlindungan sebelumnya. Intinya saya hampir selalu membolehkan Naia eksplorasi hal apapun.

Pakai kata asal sih,¬†which is jadinya¬†boleh¬†yang¬†ada syaratnya. Tapi syaratnya ini juga bukan yang menyusahkan juga kok, dan bukan bermaksud membatasi eksplorasinya, melainkan untuk melindungi dia. Continue reading “Puaskan Eksplorasi Anak dengan Berkata Iya Boleh”

Naia dan Lomba Menggambar

Pertengahan bulan Februari lalu, di buku komunikasi Naia ada pemberitahuan tentang acara PORSENI se-Depok tanggal 18 Maret 2017. Di PORSENI itu diadakan beberapa lomba, salah satunya lomba menggambar. Naia yang emang suka menggambar, saya tawarkan untuk ikutan itu. Awalnya sih ragu, takutnya dengan lomba gitu Naia malah merasa tertekan di hal yang dia lagi suka ini. Tapi udah lah saya percaya aja deh.

Eh, sempet nanya beberapa kali sih sama Naia, apa bener dia mau ikutan lomba menggambar? Sampai 3 kali nanya deh kayanya saya, dia masih mau dan antusias, jadilah saya mendaftarkan Naia untuk ikutan lomba itu.

Latihan di Sekolah

Kata bunda gurunya,¬†yang ikutan lomba akan “dilatih” gitu. Jadi tiap Selasa dan Kamis, anak-anak memang pulang 1 jam lebih lama dari hari¬†yang lain karena ada kegiatan klub. Nah, di sela-sela kegiatan klub itu deh mereka menyempatkan melatih anak-anaknya. Di sini sih kekhawatiran saya mulai muncul. Takutnya, dengan dilatih dan ditetapkan mau menggambar apa, Naia malah jadi gak mau gambar apa. Soalnya dia emang belum mau sih untuk menggambar sesuai¬†yang saya minta. Sampai saat ini¬†ya dia menggambar apa¬†yang dia mau gambar aja. Continue reading “Naia dan Lomba Menggambar”

Dkandang Amazing Farm

Playdate di D’kandang Amazing Farm Depok

Berhubung liburan sekolah udah mau selesai, saya dan beberapa temen kuliah pengen seenggaknya “berasa” gitu liburannya buat anak-anak. Pas minggu lalu main seharian di rumah salah satu temen kuliah, dia bilang pengen gitu anak-anak kita playdate-an mumpung sekolah masih pada liburan. Awalnya saya ajakin untuk ke Kuntum Farmfield yang ada di Bogor sana, tapi kok ngerasa kejauhan dan belum tentu terlaksana di waktu yang udah mepet masuk sekolah ini ya. Soalnya seminggu lagi doank liburnya, hari Senin depan udah pada masuk lagi kan. Eh, Naia hari Selasanya sih. Continue reading “Playdate di D’kandang Amazing Farm Depok”