• Pribadi

    Yang dirindukan

    Siapa ya?

    Oh, pertanyaannya bukan siapa ya? tetapi apa ya? hehe. Ada beberapa hal yang sangat saya rindukan sekarang dan rasanya ingin mengulang itu kembali :p

    1. Menginap bersama ichigo. Huhu, sudah lama sekali kami tidak melakukan ini lagi, berhubung keadaan yang juga belum membaik :(. Saya sangat merindukan kami menginap bersama dengan alasan yang mungkin tidak terlalu penting dan di rumah salah seorang dari kami, entah siapa (paling sering sih di rumah Ero, dan di rumah saya belum pernah 🙁 ). Kami bisa saja terjaga sepanjang malam, saling bercerita atau menonton film yang belum kami tonton di dvd, atau hanya bermain (kartu, monopoli, atau abc). Memang tidak semua orang terjaga semalaman juga sih, yang paling sering tertidur paling pertama adalah gema dan yang paling sering tersisa tidak tidur adalah saya dan Popot, jadi kami terkadang bingung sendiri ingin melakukan apa lagi. Di sini kami (saya dan Popot) sering bercerita dan bahkan cerita yang belum kami ceritakan kepada yang lainnya (yang pada akhirnya diceritakan juga sih). Jadi terkadang saya orang yang pertama mengetahui cerita Popot, Popot juga orang yang pertama mengetahui cerita saya :p. Ingin sekali melakukan ini lagi, menginap di rumah entah siapa, mengobrol sepanjang malam dan bermain menghilangkan kepenatan pribadi masing-masing. Kapan ya bisa lagi? :s
    2. Berkumpul bersama kakak-kakak saya sebelum tertidur di malam hari. Ya, dulu (gak dulu banget juga sih), kami terkadang berkumpul bersama untuk membicarakan kehidupan kami masing-masing. Banyak pelajaran yang saya dapatkan dari mereka. Acara berkumpul ini memang tidak pernah direncanakan, it just happened. Terkadang, ketika saya pulang, mereka berempat memang sedang berkumpul, jadi saya pun ikut. Jika sudah berkumpul seperti itu, kami pun bisa lupa waktu, lupa tidur :p. Yang mungkin tadinya direncanakan akan tidur jam 11 kadang-kadang bisa diundur jadi jam 1 :(. Tapi hal itu sangat mengasikkan dan berguna bagi saya karena banyak sekali pelajaran yang bisa saya pelajari dari mereka (khususnya pelajaran hidup :p). Sekarang keadaan sangat jauh berubah. Mereka telah menikah (dan menikah dalam waktu yang sangat berdekatan), jadi saya merasa kehilangan sedikit :(. Memang sih saya tidak terlalu kehilangan juga, kakak pertama saya masih di rumah orang tua dan saya setiap hari masih sering ketemu, jadi sekarang kesempatannya juga hanya dengan dia saja saya dapat bercerita. Sangat-sangat merindukan hal ini…
    3. Bermain benteng bersama kuncung. Kuliah tahun keberapa ya kuncung sering bermain benteng. Yang jelas, saya sangat menikmati permainan ini. Bukan karena masa kecil saya yang kurang bahagia, saya justru sangat bahagia hingga ingin mengulangnya lagi dengan ikut bermain benteng kuncung ini :p. Sepertinya ini yang membuat saya sangat merindukan kuncung juga 🙁
    4. Bermain hujan. Haha, betapa bahagianya saya waktu berlari-larian di hujan yang deras :p. Terakhir kali saya bermain hujan ini bersama kawan kempo di SMA sewaktu kelas 2 dan sedang berlatih untuk ujian kenaikan tingkat menuju sabuk hijau, waktu itu hari senin kalau tidak salah (wah, saya masih ingat sekali :p). Sewaktu ingin latihan, tiba-tiba hujan deras sekali. Awalnya kami (saya, kawan2 saya, serta sempay) meneduh di tepian kelas, tapi akhirnya saya dan kawan2 itu bermain yang menyebabkan salah satu dari kami terkena hujan, jadilah kami semua dilatih di tengah hujan deras itu :p. Sehabis latihan, sepertinya hujannya belum berhenti jadi kami lanjutkan bermain lari-larian di tengah hujan tersebut. (Betapa anak kecilnya kami :p) tapi itu sangat-sangat menyenangkan…

    Missing those moments so much 🙁

    People do changed

    ~Sebenarnya hari ini hanya ingin menulis tentang ini saja, tapi begitu melihat twitternya pak Didin Hafidhuddin jadilah saya menulis 2 postingan hari ini :p

    Published by:
  • Hobi Pribadi

    Little lessons in the morning

    Hoho, pagi-pagi tadi udah liat twitternya pak Didin Hafiduddin dan membaca banyak pelajaran.. Senangnya pagi-pagi sudah mendapatkan pelajaran 🙂

    Sebenarnya postingan ini hanya akan me-repost tweet-tweet-nya beliau saja :p

    Pelajaran pertama yang saya baca hari ini yaitu mengenai jilbab bagi perempuan. Jadi, jilbab merupakan perintah wajib dari Allah setelah turunnya surat An-nuur ayat 31 dan surat Al-Ahzab ayat 59.

    An-nuur 31:

    Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.

    Surat Al-Ahzab 59:

    Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mu’min: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

    Dan jilbab itu sendiri bukanlah kebudayaan arab semata, namun benar-benar ajaran islam dan perintah dari Allah SWT. Sebelum adanya kedua ayat ini, wanita-wanita arab juga tidak berjilbab bahkan saat menggunakan pakaian, kadangkala betis serta dadanya terlihat.

    (Dua paragraf di bawah ini pendapat saya pribadi yaa :p)

    Dari kedua ayat tadi sudah jelas menunjukkan bahwa jilbab itu merupakan kewajiban yang harus dipenuhi oleh setiap muslimah yang sudah jelas tujuannya untuk melindungi mereka sendiri. Al-ahzab 59 (“Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu”). Di surat An-nuur 31 juga dijelaskan siapa-siapa saja yang menjadi mahram atau siapa-siapa saja yang berhak melihat aurat wanita. Jadi, apakah kita sudah berjilbab??

    Banyak sih yang menyatakan bahwa mereka ingin mengenakan jilbab namun mereka belum siap. Apa yang mesti dipersiapkan ya? (banyak sih, pakaian, perilaku, juga lingkungan). Tapi kalau hanya menunggu tanpa menyiapkan apa-apa, kapan siapnya yaa? :p. Jadi, ya karena itu kewajiban yang harus dipenuhi, maka penuhilah secepatnya :p. Banyak juga teman saya yang awalnya berpendapat belum siap berjilbab tapi berpikir kembali “kalau menunggu siap, kapan siapnya” dan akhirnya memutuskan untuk mengenakan jilbab (siap gak siap) dan seiring waktu, mereka (termasuk saya juga sih :p) belajar sedikit demi sedikit untuk memperbaiki sikap, pakaian, juga mencari lingkungan yang lebih baik.

    Pelajaran kedua yang saya dapatkan, yaitu tentang beberapa krisis yang dapat muncul ketika manusia berpaling dari aturan Allah (krisis yang diprediksi oleh Rasulullah). Beberapa krisis tersebut antara lain:

    1. Krisis kepribadian, yg ditandai dgn mudahnya seseorg bersumpah tp mengingkarinya
    2. Krisis keimanan, yg ditandai dgn keengganan mengikuti ajaran Allah dan Rasul-Nya
    3. Krisis moral, yg ditandai dgn merebaknya perzinaan, pergaulan bebas, korupsi, dll
    4. Gaya hidup materialis, yg tdk peduli bgm cara mendapatkan harta, apakah halal haram, merugikan orang lain atau tidak

    Dan kesemuanya ini akan mengundang musibah dan berbagai bencana (baik bencana alam maupun bencana kemanusiaan).

    ~hum,,melalui postingan ini saya tidak bermaksud ingin menggurui,, tetapi hanya ingin berbagi pendapat ^_^

    Published by:
  • Belajar Bisnis Online Hobi Pribadi

    My Passion?

    Actually, this morning I have no intension in writing any posts in this blog. But, as usual, after my dawn prayer I don’t want to go to sleep anymore so I did some blogwalking this morning. And the choosen blog was Nisa’s (I was opening the blogs aggregator before then became interested in her blog so I stop by in her blog for a while) :p

    Have just read about her passion (she talks about her passion in two posts, here and here) and suddenly I just want to write this post and talk about my passion too. Oh, but I don’t want to write the things down as Nisa did :p, I just want to talk about how did I find my passion. It’s been a long time since I find my passion (not so long though) and want to talk a little bit about it in my blog but I am still too embarrassed to write those things here :p.

    Before, I have already declared that I finally have a purpose of life. That is because I have found what my passion is and those passion is found from searching it (of course, if you search it then you’ll find it :p). And So many thanks to Ilman who help me to find my passion (not directly though :p). It was started from my boring life (somehow I feel that my life was so empty and meaningless) then I was doing the same thing like I do now (blogwalking). Then, that time the choosen blog was Ilman’s. I was so interesting in his post about passion (there are quite many posts about it :p) and then I became jealous to him (because he has already find his passion a long time ago and I was still didn’t know anything about my life at that time). So, I then intended to find mine (my passion and my purpose of life). Reading his blog is helping me so much. Then, he made another inspiring thing for me (his e-book). Eh, actually that is for everyone who want to find his/her passion, but it was so inspiring for me. It was more helpful. Then I was begin to follow the steps in his e-book :p

    So, right now I am trying to live it (my passion). I am chasing my dreams (I have more than one dream :p) and hope with those dreams I can give some contribution to the world (at least to my environment,hehe). Yea, all of those dreams are come from my passion :p

    There is a thing that I am waiting for right now. I hope I can get it because it will become my first (ups, second actually) movement in living my passion. Aaaaah,, I want it so much, so bad that I will try till the end of my life for it (ahahah, this is so much) :p

    Published by:
  • Hobi Pribadi

    Habits

    Yak, saya sedang ingin merubah kebiasaan-kebiasaan buruk saya dan ingin menerapkan kebiasaan-kebiasaan baru yang tentunya lebih baik ^_^. Hum sepertinya saya akan mendaftar kebiasaan-kebiasaan yang sedang ingin saya terapkan.

    1. Tidur lebih cepat dan bangun lebih cepat. Ya, saya sedang membiasakan diri untuk ini. Tidur lebih cepat tentunya akan bangun lebih cepat pula. Alhamdulillah sudah beberapa hari ini hal ini terlaksana. Jadi, biasanya saya akan langsung tertidur setelah pulang dari Univind (biasanya pulang setelah saya solat isya dulu di sana) dan setelah membersihkan diri (tentunya dengan mandi :p). Jadi, daripada saya memaksakan mata saya untuk terjaga sepanjang malam, saya memaksakan mata saya untuk beristirahat dan tidur agar bisa bangun lebih cepat (Kalau bisa jam 3 agar bisa melaksanakan ibadah malam :p).
    2. Tidak kembali tidur setelah solat subuh. Saya juga sedang membiasakan diri agar tidak tertidur lagi setelah solat subuh. Kalau kebiasaan yang ini Alhamdulillah sudah berjalan selama beberapa minggu. Beberapa minggu lalu saya merasa kalau tertidur setelah subuh itu tidak bagus dan saya ingin menghilangkannya. Sebenarnya sayapun dulu tidak bisa tertidur lagi setelah solat subuh, tapi saya lupa entah kapan saya jadi terbiasa kembali ke tempat tidur dan beristirahat lagi setelah solat subuh.  Lalu saya berniat, bagaimana kalau saya joging saja, selain dapat menghilangkan kebiasaan itu, saya bisa menjadi lebih sehat,,ohoho.. Tapi merasa agak tidak enak awalnya kalau joging sendirian, akhirnya saya mengajak keponakan saya untuk joging deh. Wah, sangat tidak menyangka, keponakan saya itu staminanya mungkin bisa dibilang lebih kuat daripada saya (hiks,,jadi malu,,karena sudah tidak latihan lagi, stamina saya jauh menurun :(). Beberapa hari joging lumayan bisa menghilangkan kebiasaan itu. Akhirnya sekarang, tanpa jogingpun saya tetap tidak tertidur lagi setelah solat subuh. Akhir-akhir ini untuk mengisi waktu setelah solat subuh, saya menulis blog seperti sekarang ini :p.
    3. Makan teratur. Untuk yang satu ini saya sekarang benar-benar sedang berusaha keras. Masalahnya saya masih suka seenaknya dalam hal makan, terkadang bisa tidak makan seharian dan terkadang sehari bisa sampai 5 kali makan. Dalam hal urusan perut ini, saya benar-benar masih menggunakan mood. Ketika saya ingin makan baru saya akan makan. Sayapun bingung, tubuh ini benar-benar tidak menentu. Terkadang benar-benar tidak merasa lapar seharian (ini yang membuat saya bisa tidak makan seharian) dan tidak terasa sakit perut juga. Namun, terkadang juga baru makan 2 jam yang lalu, saya bisa langsung lapar lagi dan apabila tidak segera makan, maag saya akan kambuh. Saya benar-benar ingin memperbaiki pola makan saya ini.
    4. Melaksanakan ibadah pada awal waktu. Hohoh, yang ini sih memang wajib dan saya sedang membiasakannya. Untungnya, kantor Univind dekat masjid sehingga setiap waktu solat, panggilan Allah tersebut dapat terdengar jelas dari kantor :p. Jadi, biasanya ketika adzan para pria bergegas ke masjid dan saya berjaga di kantor (ditinggal sendirian :(). Nah, setelah mereka kembali, giliran saya solat di kantor. Jadi, saya bisa membiasakan diri untuk melaksanakan ibadah di awal waktu ^_^
    5. Menjadi orang yang lebih positif. Hum, yang ini pun sedang saya usahakan. Saya ingin mengurangi keluhan-keluhan dan membiasakan untuk selalu bisa berpikir positif, tidak ingin mendapat penyakit hati sebenarnya :p. Baru mendapat pin dari LSM SEJIWA (yang bertuliskan: think positif, say positif, act positif). I hope I can do that ^.^
    Published by:
  • Pribadi

    My life recently

    Hum..somehow, I  just want to write it in English..(just practicing my English again :p)

    It’s still morning and even though I still feel sleepy and want to get more sleep, I’m choosing not to (in order to make it my new habit, don’t fall asleep anymore after my dawn prayer). And instead of it, I choose to write this posting. In two posts earlier, I just talk about my day but here I just want to write down my life recently, how is it going and what do I do now.

    Hum, in these semester, finally I’m choosing to complete my study in course based way, resigning PELATDA and joining in Univind (the IT company that formed by my college’s friends). When I was still joining Pelatda, it was fun but somehow I didn’t feel happy. The friendship in Pelatda was fun but not the atmosphere when it was in practice. Somehow, I just didn’t get the energy that I usually got, it was different. Maybe, I was begin to be bored in Kempo, or maybe because it was begin to became my burden :s.

    Actually, I feel that I have found my purpose of life (huhu, this whole time I just didn’t found it yet and it needs a long time to find it 🙁 ). For the whole time, I was just go with the flow in my life. What will be happen, just be happen. But now, after I was releasing that thing (the thing that haunting me for such a long time and I feel sorry to myself because of it), I am begin to see what my purpose of life is and what will I do to achieve it.

    So, in 2010, exactly in the beginning of this year, I decided to determine what I want to do exactly in my life. I was begin to releasing all of my burden, Pelatda and that thing. And that time (until now), I was interesting in my friend’s company. I just want to be a part of it, the company that will become an international level. Besides, I want to learn more about web designing too. So, I was asking my friends (Ilman and Kamal) if I can join in their company. Finally, in February I became a part of it, I was so glad that time (I am still glad now :p).

    Hum, there is a lot of dreams that I want to achieve. This is just one step to go to get all of my dreams. Hope all of my dreams became reality one day :), I just have to try more in struggling and I have to not easy to lose my spirit. Eventhough so many times I had wanted to change myself and it was didn’t work because of myself that always do the things inconsistently, I hope this time I won’t be like that anymore. I hope this time I became stronger when the obstacles come. Have just read the “negeri 5 menara” and I am so wanted to follow the philosophy, “man jadda wajadda”, who’s really meant it will get succeed.

    Published by:
  • Hobi

    TEDx jakarta 4th event

    Huaaah,,benar-benar acara yang menginspirasi.. sepertinya akan menyesal kalau kemarin benar-benar tidak jadi berangkat ke sana.

    Awalnya memang agak ragu ke sana karena menurut info tempatnya udah penuh dan berhubung gw masuk waiting list, jadi belum tentu dapet tempat. Tapi akhirnya nekat aja deh, dan ternyata banyak juga yang udah terdaftar tapi gak dateng, jadinya yang waiting list bisa masuk semua (bahkan masih ada beberapa kursi yang kosong).

    Sebelum sampai sana, I’m wondering *siapa ya yang pertama kali punya ide ngadain TED (aslinya tanpa x karena x dimaksudkan untuk event TED yang independent, terlepas dari TED yang sebenarnya tapi punya tujuan yang sama dengan TED) ini, n maksud TED ini apa ya?. Ternyata pertanyaan gw tersebut terjawab di awal acara. Jadi, sebelum menampilkan speaker pertama, mereka menampilkan video orang yang pertama kali punya ide buat ngadain TED ini + menjelaskan maksud TEDx, namanya Chris Anderson (bisa diliat di ted.com). Nah, setelah video ini, mereka menampilkan video yang lebih keren lagi, yaitu pembicara TED event yang baru berumur 10 tahun (ini keren banget). Oiya, sebelumnya mereka bilang kalau speaker yang ada itu tampil diurutkan sesuai umurnya, jadi yang paling pertama tampil itu paling muda, jadi mereka menampilkan video itu dulu deh.

    Nah, pembicara pertama itu Elang Gumilang, umurnya 25 tahun (sepertinya hanya dy saja yang saya tau umurnya :p). Dy itu yang membuat perumahan yang bisa dijangkau oleh kalangan menengah ke bawah, jadi sasarannya emang bukan orang-orang yang sudah lebih dari berkecukupan. Benar-benar memiliki kepedulian yang tinggi terhadap orang-orang kecil. Benar-benar ingin mewujudkan mimpi mereka-mereka yang sangat ingin memiliki rumah sendiri (bukan sekedar ngontrak atau tidur di mana saja). Keren bangett, walaupun hanya bermodalkan sedikit saja (340 juta dan itupun patungan :p ), dy bisa merealisasikan mimpinya untuk bisa membangun perumahan bagi orang-orang menengah ke bawah.  Dia bertujuan ingin meningkatkan standar kemiskinan di Indonesia. (sudah mulai merinding mendengar dy berbicara dan membuktikan usahanya).

    Pembicara kedua itu Wahyu Aditya (yang sebelumnya presentasi di acara compfest juga). Awalnya sempat berpikir kalau sama seperti di compfest kemarin (waktu di compfest tidak begitu antusias dengan presentasi dy 🙁 ). Tapi ternyata kali ini dy sangat menginspirasi. Dy mendirikan KDRI (Kementrian Desain Republik Indonesia) yang bertujuan untuk menjadikan kita menjadi bangsa yang nasionalis gaul :p. Jadi, dy menciptakan desain-desain nasionalis tapi terlihat gaul agar kita semakin mencintai Indonesia. Dy ini membuat desain kaos yang bagus-bagus dan yaa itu, gambar-gambarnya sangat nasionalis gaul :p. Salut karena dy benar-benar nasionalis dan ingin menjadikan kita mencintai negara sendiri (jadi, akan mengurangi kebanggaan akan pemakaian kaos atau produk yang membanggakan negara lain).

    Setelah penampilan wahyu aditya ini kita break sebentar untuk sholat ashar. Tapi berhubung saya tidak sholat, jadi saya langsung menyantap jajanan yang telah disediakan,hehe. (enaaak,,semakin tidak menyesal karena nekat datang).

    Setelah break, mereka langsung menampilkan kunokini (band yang memakai alat-alat musik tradisional). Mereka juga mencintai Indonesia,,saluut juga dengan mereka. Saya sangat menikmati penampilan mereka. I like them. Selanjutnya mereka menampilkan 2 video lagi, video-video ini dari event TED yang internasional itu (yang saya bilang TED yang asli, eh tapi bukan berarti TEDx gak asli lho :p)

    Pembicara selanjutnya itu rektor paramadina, Anies Baswedan. Hum, dia juga sangat menginspirasi karena dia yang membuat program untuk orang tidak mampu di sekitarnya agar bisa mendapat pendidikan yang setara juga sehingga generasi selanjutnya bisa meningkatkan level hidup mereka (dari kelas bawah bisa menjadi kelas menengah).  Jadi hal tersebut bisa juga untuk menghindari future middle class people dari current middle class people (kelas menengah selanjutnya dari kelas menengah yang ada sekarang). Keren karena dia benar-benar sangat memikirkan pendidikan di Indonesia ini.

    Nah, pembicara terakhir ini Tri Mumpuni, dy wanita yang berhasil menerangi (memberikan listrik) ke desa-desa yang belum tergapai oleh listrik ini. hum, cerita lengkapnya ada di sini. Yang paling diingat itu dia bilang berbagilah, berbagi tidak membuat kita miskin, menjadi kayalah dengan berbagi. Bahkan di salah satu slide-nya ada kata-kata yang bagus:

    Mengejar rejeki adalah sebuah kesalahan, yang harus dilakukan adalah “menata diri” agar layak dilimpahi rejeki oleh Yang Maha Kuasa.

    Orang disebut kaya bukan karena hartanya tetapi karena hasil karyanya yang mampu membuat lebih banyak orang semakin sedikit memerlukan sehingga lebih banyak orang yang mampu memberi pada sesamanya.

    Huah, pokonya kemarin sepertinya akan benar-benar menyesal kalau ternyata saya tidak jadi datang, hehe. Ingin banget jadi volunteer TEDx yang selanjutnya.

    Published by:
%d bloggers like this: