Momopururu » Blog Archives

Tag Archives: macaroni

#HungryFriday #4: Jajanan Masa Kecil

Selamat siaaang! Kali ini #HungryFridaynya bukan ngomongin makanan berat, tapi jajanan, hahaha. Jajanan masa kecil sih lebih tepatnya. Entah kenapa ya saya lagi inget lagi aja jajanan-jajanan jaman kecil itu apa aja. Soalnya kalo sekarang lagi in lagi beneran memorable banget kan yaa.

Dan iyaa, ini isinya kebanyakan list jajanan tahun 90an, yang mungkin sekarang mah udah banyak beredar lagi pasti. Iyes, saya generasi 90an, dan lagi ngetrend lagi kan semua yang serba 90an, hihihi. Jadi, jajanannya sekarang juga beredar lagi deh.

Baca punya Nad di:
#HungryFriday #4: Cemilan Continue reading

Published by:
Hobi Keluarga

Macaroni Saus Keju

Hari minggu kemarin saya bikin pasta lagi, hehe. Dan kali ini tetap bikin saus sendiri lagi donk. Tapi sayangnya lagi gak ada stok tomat, jadi gak bisa bikin saus tomat untuk Naia kaya waktu makan enak tempo hari, huhu.

Buka kulkas ternyata ada keju, saya jadi kepikiran saus keju aja buat Naia. Yaa, caranya palingan gak beda-beda jauh lah sama bikin saus tomat buat Naia, hihihi. Asli coba-coba saya kali ini, mengingat proses membuat saus tomat aja, lalu saya duplikasi. Cuman, ya kali ini tomatnya saya ganti keju.

Hasilnya, enaaak, hehehe. Naia gak mau disuapin waktu itu, jadi kita biarkan ia makan sendiri. Kebetulan pakenya macaroni yang spiral, jadi bisa dipegang sama dia.

Naia Makan Sendiri

Naia Makan Sendiri

Walaupun Naia gak abis karena emang porsi makannya dia yang super imut, saus kejunya tetap bisa dimanfaatkan. Keesokan harinya saya bikin aja roti panggang pake saus keju itu, dan rasanya nyambuung banget doonk *senyumpuas*.

Ah iya, saya tuliskan resep yang saus keju deh siapa tau ada yang mau bikin juga 😀

Bahan-bahan:

  • Keju, parut
  • Bawang putih ~kali ini saya pakai 1 siung~
  • Garam, sedikit saja
  • Kaldu ~ayam atau sapi~, kebetulan kemarin kaldu sapi
  • Larutan maizena
  • Isian ~bisa apa saja juga~, kebetulan kemarin isiannya itu daging sapi yang sebelumnya direbus untuk diambil kaldunya. sayang lagi gak ada stok sayuran, huhuhu 🙁

Cara masak:

  • Blender isian, bisa juga gak usah diblender kalau anak sudah bisa mengunyah
  • Tumis bawang putih sampai harum
  • Masukkan isian
  • Masukkan garam sedikit, jangan sampai terlalu asin
  • Tambahkan keju parut, aduk sampai tercampur dan butiran keju sedikit lebih halus
  • Tambahkan larutan maizena, tunggu sampai mengental, angkat
  • Selesai! :D

Sebenernya sih rahasianya ada di kaldu dan bawang putih. 2 senjata itu yang bikin saus jadi “berasa”, hehe. Saya juga sangat menghindari kaldu instan. Selain lebih enak kaldu buatan sendiri, ya pasti lebih sehat juga kan? 😀

Published by:
Hobi Keluarga

Makan Enaaak..!!!

Yak, yak, kemarin saya dan keluarga benar-benar makan enaaak.. hohoho

Bukan, bukan makan enak di luar ataupun di restoran mahal, tapi makan di rumah dan makan masakan saya sendiri, hehe.

Jadi pagi-pagi itu saya masak mie goreng dengan bumbu sendiri, mienya mie telor loh ya bukan indomie. Nah, saya merasa kemarin benar-benar memiliki semangat yang luar biasa untuk masak, jadinya saya puass banget dengan hasil masakannya. Dan ternyata emang enak luar biasa, hehe.

Teruus, yang gak kalah enaknya lagi, malam hari saya masak pasta. Awalnya mau bikin spagheti dari spagethi sisa yang cuma sedikit dan bikin saus barbeque sendiri ~benar-benar dalam semangat yang luar biasa untuk masak, jadi niat banget bikin sausnya sendiri :D~. Nah, karena kita rasa kurang banget spagethi sisa yang ada, akhirnya ditambahin sama 1 bungkus macaroni deh, biar sekalian buat Naia juga. Iya, Naia juga makan macaroni pake saus tomat. Saus tomatnya bikinan saya sendiri juga, enak loh *mengagumi hasil masakan sendiri* :p

Yak, hasilnya benar-benar bikin saya puaas…!!! Suami dan Naia sampe nambah-nambah. Suami dengan porsinya yang banyak, Naia dengan porsinya yang sedikit-sedikit. Nih hasil masakan saya semalam *norak*:

Jadi, dengan kepuasan itu saya nyatakanlah kemarin kita benar-benar makan enak!

Oiya, mau berbagi juga ah resep saus barbeque dan saus tomat bikinan sendirinya 😀

Saus barbeque:

Bahan-bahan:

  • Bawang putih ~cukup 1 atau 2 siung~
  • Bawang bombay
  • Saus tomat
  • Saus sambal
  • Garam
  • Kaldu ~ayam atau sapi~, kebetulan kemarin saya pakai kaldu ayam
  • Larutan maizena ~untuk mengentalkan~
  • Isian ~bisa apa saja, daging giling, ayam, sayur, dsb~, kebetulan kemarin isian saya cukup banyak, yaitu daging ayam, jagung, wortel, dan jamur

Cara masak:

  • Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum
  • Tambahkan isian
  • Masukkan garam
  • Tambahkan air kaldu, tunggu sampai mendidih
  • Tambahkan saus tomat dan saus sambal ~perbanyak saus tomat, saus sambal sedikit saja~
  • Tambahkan larutan maizena, tunggu sampai mengental, angkat
  • Selesai! 😀

Saus tomat untuk Naia ~bayi 11 bulan~

Bahan-bahan:

  • Tomat segar
  • Bawang putih ~cukup 1/3 atau 1/4 siung~
  • Garam, sedikit saja
  • Kaldu ~ayam atau sapi~
  • Larutan maizena
  • Isian ~bisa apa saja juga~, kebetulan kemarin isiannya sama kaya kita, yaitu daging ayam, jagung, wortel, dan jamur

Cara masak:

  • Blender tomat segar dengan air kaldu ~jadi jus tomat kaldu~
  • Blender isian, bisa juga gak usah diblender kalau anak sudah bisa mengunyah
  • Tumis bawang putih sampai harum
  • Masukkan isian
  • Masukkan garam sedikit, jangan sampai terlalu asin
  • Tambahkan jus tomat kaldu, tunggu sampai mendidih
  • Tambahkan larutan maizena, tunggu sampai mengental, angkat
  • Selesai! 😀

Sebenernya dari saus tomat Naia, isian yang ingin diblender itu cuma jagung dan wortel saja (berhubung dia udah bisa ngunyah sedikit-sedikit dan sudah bisa mengunyah daging ayam yang disuir serta jamur yang empuk) dan itupun diblender bersama tomat. Tapii, waktu ngeblender tomat, saya lupa masukin jagung dan wortelnya. Akhirnya waktu masak saya masukin berupa potongan-potongan kecil saja dan baru setelah sausnya jadi saya blender kasar lagi, hehe. Yah, yang penting jadinya masakannya enak!!! 😀

Published by:
%d bloggers like this: